Yuk! Mengenal Efek dan Manfaat Kafein untuk Kesehatan Tubuh

Kafein merupakan zat alami yang terkandung dalam tanaman seperti kopi, teh dan kakao, biasanya sering dikonsumsi untuk mengusir rasa kantuk. Padahal masih banyak manfaat dan efek lainnya bagi kesehatan loh, apa saja kah itu?

Sejarah Kafein

Kafein ditemukan salah satunya pada tanaman kopi, awal mulanya tersedia dari habitat aslinya di Etiopia tercatat sejak abad ke-9, terdapat legenda populer dari seorang penggembala kambing.

Disebutkan bahwa penemuan kopi ini pertama kali oleh seorang penggembala kambing, ia mencoba konsumsi buah kopi dan merasakan khasiatnya langsung, yang ternyata bisa menjadi lebih aktif dan susah tidur pada malam hari.

Manfaat Kafein

Seperti dirangkum dari deherba.com yaitu situs yang lengkap dalam membahas soal kesehatan dan terpercaya sejak tahun 2012, sehingga bisa menjadi referensi bagi anda yang sedang mencari informasi seputar kesehatan.

Adapun manfaat kafein bagi kesehatan tubuh sebagai berikut.

1. Meningkatkan Metabolisme dan Membakar Lemak

Siapa sangka bahwa kafein dapat membakar lemak hingga 13 persen loh dan meningkatkan metabolisme hingga 11 persen, serta konsumsi 200mg kafein per hari dapat memungkinkan membakar 79 kalori ekstra setiap harinya.

Apabila dibandingkan dengan jumlah kelebihan kalori yang serupa menyebabkan keanaikan berat badan tahunan rata-rata sekitar 1 kg, maka jumlah tersebut mungkin tampak kecil.

2. Meningkatkan Kemampuan Gerak Tubuh

Mengkonsumsi sedikit kafein satu jam sebelum berolahraga memungkinkan meningkatkan kemampuan gerak badan, berdasarkan penelitian dosis kafein 5 mg per kg berat badan meningkatkan daya tahan hingga 5 persen.

Selain itu, kafein mampu meningkatkan fungsi lemak sebagai bahan bakar, karena bisa membantu glukosa dalam otor bertahan lebih lama, sehingga meningkatkan toleransi terhadap kelelahan.

3. Mencegah Penyakit Jantung dan Diabetes

Mengkonsumsi kafein dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2, meskipun akan berbeda-beda setiap orang. Namun perlu diingat, kafein bisa sedikit meningkatkan tekanan darah, cenderung efeknya lebih kecil sekitar 3-4 mmHg.

Kemudian penelitian menunjukan bahwa kafein tidak meningkatkan resiko jantung, pada pria dan wanita resikonya 16 – 18 persen lebih rendah apabila konsumsi antara 1-4 cangkir kopi setiap hari atau sekitar 100-400 mg kafein.

Efek Bahaya Kafein

Efek bahaya yang bisa timbul antara lain kecemasan, gelisah, detak jantung tidak beraturan dan susah tidur. Selain itu, terlalu banyak konsumsi kafein bisa memicu sakit kepala, migrain dan tekanan darah tinggi pada sebagian orang.

Efek lainnya pada ibu hamil, karena mudah melewati plasenta sehingga bisa meningkatkan resiko keguguran maupun berat badan bayi menjadi rendah saat melahirkan.

Maka untuk menghindari resiko yang timbul dari efek kafein, sebaiknya konsumsi dalam batas aman atau tidak berlebihan, sehingga bisa meminimalisir bahaya dari kafein tersebut.

Itulah efek samping dan manfaat kafein bagi kesehatan, sebagaimana dijelaskan dalam laman situs deherba.com. Semoga bermanfaat.