Tips Mulai Usaha Ikan Hias Disaat Pandemi

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis tetapi tidak berkutat dengan modal setelah pandemi karena alasan finansial. Memilih perusahaan dengan modal murah tentunya merupakan alternatif dari sedikit pilihan yang tersedia untuk menghasilkan uang tambahan.

Tetapi perusahaan mana yang laris manis di musim pandemi saat ini?

Banyak peluang modal bisnis berbiaya rendah yang dapat muncul selama pandemi, mulai dari bahan makanan pokok hingga kurir online hingga ikan hias. Ya, ikan hias termasuk salah satu perusahaan modal minim yang tumbuh subur di tengah pandemi.

Siapa yang menyangka bisnis ikan hias bisa mendatangkan keuntungan yang menjanjikan dalam menghadapi pandemi? Meningkatnya peminat ikan hias saat terjadi pandemi menjadi salah satu alasan mengapa usaha ikan hias menjadi contoh peluang usaha yang sangat potensial.

Bayangkan keuntungan berbisnis ikan hias bisa mencapai tiga kali lipat dari modal awal dan bahkan lebih mahal jika ikannya memiliki corak yang unik dan langka. Keuntungan yang bisa dihasilkan bisa sampai 10 kali lipat!

Mengapa minat mengoleksi ikan hias meningkat selama pandemi?

Alasannya sederhana karena mereka harus bekerja atau belajar di rumah, sehingga banyak orang memiliki banyak waktu luang untuk menekuni hobi bahkan mencari yang baru. Mengoleksi ikan hias sudah lama menjadi hobi yang digemari di Indonesia.

Hobi yang banyak kita tekuni, terutama Adams, membanjiri para peminatnya, bahkan hobi mengoleksi berbagai ikan hias, seperti: B. Menghilangkan stress, menghilangkan rasa kenyang, melakukan terapi, dan kembali bekerja. menawarkan keuntungan positif.

Tentunya dengan berbagai keuntungan yang bisa didapat dari hobi mengoleksi ikan hias, menjadikan peluang bisnis baru di tengah pandemi ini merupakan keputusan yang bijak.

Tips sukses bisnis ikan hias, meski dengan modal kecil

Anda mungkin memiliki modal, tetapi jika ingin sukses, Anda harus memiliki banyak determinasi lainnya. Ditambah lagi, hanya memiliki satu ide bagus saja tidak cukup, apalagi bisnis yang Anda pilih memiliki banyak pesaing. Hal-hal seperti pengetahuan dan strategi juga sangat penting saat memulai bisnis.

Jadi bagi yang belum pernah berbisnis sebelumnya tidak salah langkah untuk membuka usaha ikan hias untuk pertama kalinya. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

1. Pilih ikan hias untuk konsumen menengah ke bawah

Hobi mengoleksi ikan hias bukan hanya bagi mereka yang punya uang dan memiliki kolam ikan di belakang rumahnya. Masyarakat yang hanya memiliki satu meter kubik kecil sebagai akuarium atau kaca juga diperbolehkan menekuni hobi mengoleksi ikan hias.

Dan ikan hias yang bisa dipilih untuk dijual saat beralih ke konsumen menengah ke bawah adalah ikan hias yang hidup di air tawar karena tidak memerlukan perawatan khusus dan harganya mahal, seperti bed fish dan juru masak.

2. Memiliki pengetahuan tentang budidaya ikan

Memulai bisnis ikan bukan hanya tentang membeli ikan, memasukkannya ke dalam akuarium, dan menunggu pelanggan. Tapi Anda juga harus tahu cara merawatnya, cara memakannya, dan cara mengembangbiakkannya. Tidak apa-apa untuk perlahan-lahan mempelajari tentang budidaya ikan dan bisnisnya.

Namun, akan lebih baik jika resiko ikan mati dan kehilangan bisnis. Anda bisa belajar sedikit sekarang agar tidak kaget saat benar-benar menjalankan bisnis.

3. Mulailah dengan sederhana dan fokus pada satu jenis terlebih dahulu

Berfokus pada satu jenis ikan hias namun dengan manfaat yang terjamin tentunya lebih baik daripada mencoba mengembangbiakkan berbagai jenis ikan hias dalam waktu yang bersamaan.

Namanya masih di level pemula. Merupakan ide yang bagus untuk memanfaatkan momen-momen awal dalam bisnis untuk belajar sebanyak yang Anda bisa.

Nanti bila dirasa sudah cukup baik tinggal menambah 2-3 jenis ikan hias untuk budidaya dan usaha.

4. Maksimalkan potensi bisnis dan jangan sampai ketahuan menjual ikan

Saat Anda menginginkan profit yang maksimal. Jangan hanya fokus menjual ikan. Namun, Anda juga dapat menemukan peluang bisnis lain di toko tersebut.

Berarti?

Dalam usaha ikan hias dapat dimaksimalkan dengan menjual benih dan mengirimkannya ke lokasi (akuarium atau toples). Anda juga bisa menjual obat ikan hias hingga perlengkapan akuarium.

5. Strategi pemasaran yang tepat

Anda dapat menggunakan media sosial, e-niaga, dan blog untuk memasarkan bisnis Anda. Yang harus kamu lakukan hanyalah mengupload gambar ikan hias terbaik yang kamu jual untuk diupload ke berbagai akun sosial media kamu. Jangan lupa untuk menuliskan alamat selengkap mungkin agar calon pembeli dapat dengan mudah menemukan toko Anda.

Untuk e-commerce bisa anda manfaatkan untuk menjual bibit ikan hias dan alat perawatannya, serta jasa pemasangan atau pengiriman ikan hias, langsung ke rumah anda.

Untuk menjangkau target audiensnya, Anda juga bisa menjalankan bisnis di komunitas pecinta ikan hias.

Anda ingin belajar bisnis online khusus pemula? Jika iya, silahkan bisa kunjungi artikel belajar bisnis online tanpa modal pada tautan tersebut.