Tentang Positive Displacement Flow Meter

Positive Displacement Flow Meter (disingkat PD Flow Meter) atau dalam bhs Indonesia disebut flow mtr. perpindahan positif adalah peralatan instrumen mekanis yang digunakan untuk mengukur laju aliran volumetrik fluida. Dalam prosesnya, aliran yang bergerak lewat flow mtr. akan mendorong roda gigi pengukur.

Aliran akan dibagi ke dalam rongga bersama volume selamanya antara roda gigi bersama badan metering. Dengan kata lain, pengkurannya dilaksanakan bersama membebaskan volume cairan yang tepat terhadap tiap tiap puataran.
Cara kerja postive diplacement flow mtr. dapat dianalogikan seperti ini, saat kami isi gelas kimia (gelas ukur) bersama volume khusus atau bersama batas ketinggian yang ditentukan dan bersama cepat menuangkannya sambil isi gelas lainnya bersama volume yang sama, langkah berikut dilaksanakan berulang kali sambil menghitung berapa kali pengisian gelas yang telah dilakukan.

 

Tinjauan Dasar Positive Displacement Flow Meter

Keunggulan dari positive displacement flow mtr. ialah kemampuannya mengatasi type cairan yang korosif maupun cairan bersama viskositas (kekentalan) yang tinggi, serta tidak dipengaruhi bersama ada turbulensi aliran di dalam pipa. Semua cairan yang tidak dapat dimapatkan akan menempati area bersama volume yang sama, supaya tidak dibutuhkan koreksi terhadap hasil output yang tertulis terhadap flow meter.

Untuk type elektronik, komponen yang berputar mempunyai magnet untuk mengaktifkan opsi sensor yang terdapat di luar area fluida. Kinerja sensor perpindahan postive tergantung terhadap rotasi rotor yang langsung terhubung ke penghitung mekanis.

Berikut ini adalah petunjuk flow mtr. perpindahan positif beserta tinjauan basic desain, operasi dan keunggulan dari type flow mtr. ini.

Komponen Utama dan Fungsinya
Walapun masing-masing PD flow mtr. mempunyai desain yang bervarasi tapi mempunyai komponen utama yang sama, adapun komponen utama yang dimaksud meliputi:

Lubang masuk dan keluar (intlet plus outlet port)
Ruang ukur (Measuring Chamber)
Satu atau lebih roda gigi (rotor)

Pada step awal, aliran fluida akan masuk lewat lubang intlet dan mengimbuhkan energi terhadap roda gigi. Kecepatan dan arah putaran rotor serupa bersama arah dan energi aliran dari fluida (karena sumber energi putaran roda gigi berasal dari aliran fluida), selanjutnya tanda akan dihimpun oleh transmitter yang terhubung. Setelah itu cairan akan keluar dari lubang outlet.

Umumnya flow mtr. ini mengfungsikan dua buah roda gigi, dan dapat disejajarkan secara vertikal maupun horisontal, bentuknya pun dapat berbentuk oval ataupun lingkaran.

Penggunaan dua roda gigi tujuannya untuk membawa dampak seal atau segel di dalam area pengukuran supaya seluruh cairan dapat diukur secara akurat sebelum keluar. Terdapat juga desain flow mtr. perpindahan positif yang mengfungsikan roda gigi berbentuk helix atau sekrup, waktu aja juga yang menerapkan satu atau lebih piston atau diafragma yang akan secara fisik mendorong fluida lewat chamber (ruang).

 

Keunggulan dan Perawatan

Dalam sektor industri berbasis fluida, flow mtr. perpindahan positif memadai dikenal dikarenakan akurasinya, terutama untuk type yang mempunyai dua buah roda gigi. Jenis ini juga dapat mengatasi bermacam kapasitas aliran dan karakteristik fluida. Meskipun roda gigi berkinerja lebih baik dalam aplikasi aliran yang lebih rendah, tapi dapat juga mengatasi tingkat aliran yang tinggi bersama akurasi yang baik. Selain itu, flow mtr. ini juga dapat merespon bersama cepat terhadap perubahan kondisi aliran, supaya waktu yang dibutuhkan untuk menyatukan dan mengirimkan information relatif cepat.

Adapun detil keunggulan dari type pengukur aliran ini meliputi:

Tingkat akurasi tinggi (dimana 0,5% merupakan standar selisih), tingkat akurasi yang lebih tinggi juga ada cocok bersama permintaan.
Kemampuan untuk mengatasi bermacam tingkatan viskositas fluida, dari <1 cP sampai 500.000 cP.
Kemampuan untuk beroperasi bersama tekanan aliran yang tinggi
Perawatan yang mudah
Ketersediaan suku cadang.

Disamping akurasi yang baik, kesederhanaan desain dari positive displacement flow meters juga mengimbuhkan kemudahan untuk kepentingan pembongkaran, supaya perawatannya tidak begitu sulit. Pembongkaran umumnya cuma perlu pelepasan kabel listrik, membebaskan beberapa sekrup body, mengangkat penutup, membebaskan cincin O (O-ring) dan terhubung roda gigi / rotor.

Sebagai peralatan instrumen mekanis membawa dampak flow mtr. ini mempunyai komponen mekanis di mana bagian-bagiannya sejalan waktu dapat saja aus bahkan rusak supaya membutukan penggantian. Bantalan umumnya tidak perlu pelumas dikarenakan mengfungsikan fluida yang dialirkan sebagai pelumas (khusus minyak). Namun yang mesti diperhatikan ialah roda gigi, terutama jikalau cairan yang dialirkan punya kandungan konten padat.

Meskipun flow mtr. ini dapat diaplikasikan untuk bermacam cairan, tapi bukan bermakna cairan berikut bebas punya kandungan partikel padat di dalamnya. Sebaiknya cairan telah lewat step penyaringan untuk menjauhkan rusaknya terhadap flow meter.

Disamping itu, ada kavitasi (gelembung udara) juga dapat membawa dampak dampak negatif terhadap komponen, menjadi eliminator udara sebaiknya di gunakan di hulu flow mtr. untuk menghambat rusaknya akibat ada kavitasi serta meyakinkan pembacaan volume lebih akurat.

Perubahan tekanan dapat saja terjadi waktu proses pengaliran, kondisi ini mesti diperhitungkan dalam perancangan sistem. Penurunan tekanan umumnya relatif kecil dan tidak signifikan, tapi jikalau terjadi penurunan tekanan yang besar maka dapat menyebabkan kerusakan bantalan dan seal. Meskipun demikian, pabrikan umumnya telah menetapkan nilai tekanan operasi untuk menghambat terjadinya keausan dini. Namun yang mesti diingat bahwa perubahan viskositas terhadap cairan yang dipompa dapat membawa dampak perubahan tekanan.

Aplikasi

Sebagai flow mtr. yang mempunyai begitu banyak ragam keunggulan, positive displacement fow meters banyak diaplikasikan di bermacam sektor industri. Beberapa sektor industri yang dimaksud meliputi:

Kilang Minyak dan Gas
Pabrik kimia dan petrokimia
Pabrik makanan dan minuman
Otomotif dan Penerbangan

Pada beberapa sektor industri, PD flow mtr. juga sering digunakan untuk kepentingan blending, jikalau pencampuran dua atau lebih type cairan untuk membuahkan type cairan tertentu.

 

Kalibrasi

Kalibrasi merupakan step mutlak dalam pengoperasian flow meter, sebaiknya flow mtr. telah lewat step kalibrasi sebelum dipergunakan. Flow mtr. yang dikalibrasi bersama baik akan mengimbuhkan pembacaan volume yang akurat dan sudah pasti menunjang operator meyakinkan proses pengaliran terjadi secara efisien.

Meskipun kalibrasi mesti dimasukkan sebagai agenda rutin untuk kepentingan pemeliharaan, tapi susah untuk pilih frekuensi kalibrasi yang ideal. Oleh dikarenakan itu, banyak perusahaan yang mengfungsikan jasa pihak ketiga yang mempunyai spesialisasi khusus untuk perawatan dan pengujian flow meter. Pihak tersebutlah yang akan jalankan kontrol dan pilih jadwal kalibrasi yang ideal.

Layanan kalibrasi profesional menerapkan metode yang lebih canggih dan akurat untuk pilih kinerja Turbine Flow Meter. Para profesional berikut mempunyai ilmu mengenai batas toleransi dari hasil pembacaan dan dapat mengidentifikasi persoalan terhadap proses dari hasil kalibrasi.

Layanan profesional juga dapat mengamati histori kalibrasi, tujuannya untuk mengamati ada tidaknya perubahan sistem, serta membawa dampak suatu saran berdasarkan bersama perubahan karakteristik aliran.

Secara umum, positive displacements flow mtr. umumnya dapat digunakan sepanjang bertahun-tahun atau bersama kata lain memadai tahan lama. Ketahanan berikut dapat diperoleh jikalau kondisi aliran idealnya terus dipertahankan disertai bersama kalibrasi yang terus dilaksanakan secara berkala.