Solusi Peringkat Website Turun di Halaman Mesin Pencari

Peringkat website turun dari posisi semula atau bahkan dari halaman pertama Google tentu menjadi hal yang paling tidak disukai pemilik website. Ada banyak faktor yang menyebabkan hal itu terjadi. Untuk itu, Anda perlu melakukan solusi peringkat website turun untuk menaikkan traffic lagi.

Solusi Peringkat Website Turun di Halaman Mesin Pencari

Penyebab dan Cara Menaikkan Peringkat Website

Saat mendapati peringkat website dan traffic pengunjung website Anda turun, maka segera analisa apa yang menjadi penyebabnya dan cari solusi terbaik untuk mengatasinya. Anda bisa menggunakan bantuan tools seperti Google Analytic atau Google Webmaster. Berikut ini yang perlu Anda lakukan:

  1. Jangan Duplikat Konten

Algoritma Google semakin canggih dan cerdas sehingga bisa mengetahui konten dan website mana saja yang plagiat. Jika ketahuan melakukan tindakan oleh roboto Google, maka secara otomatis mesin pencari akan menjatuhkan peringkat website Anda hingga hilang dari laman penelusuran.

Sebaiknya ikuti sebaik mungkin aturan yang dibuat oleh Google dan buat konten yang original. Jangan asal plagiat dan mengambil konten milik orang lain lalu menyalinnya secara utuh. Anda bisa mencari ide atau inspirasi dari konten yang lain tapi tetap buat dengan gaya bahasa sendiri.

  1. Rajin Update Artikel

Postingan artikel terbaru akan sangat menentukan peringkat website di laman pencarian setelah algoritma Google yang terbaru dikeluarkan pada tahun 2018. Semakin rajin mengupload konten setiap hari seperti yang dilakukan website media nasional, maka Google akan menaikkan perangkat.

Alasannya karena Google menilai bahwa website tersebut benar-benar dikelola dengan baik sehingga bisa menampilkan banyak artikel setiap harinya. Anda bisa mendisiplinkan diri untuk menulis setidaknya 2 – 3 artikel lalu upload di website setiap hari.

  1. Meningkatkan Kualitas Backlink

Penggunaan backlink sejauh ini masih tidak dilarang oleh algoritma Google dan bahkan termasuk salah satu faktor yang memegang peranan penting untuk meningkatkan peringkat website. Sehingga kualitas backlink akan sangat menentukan peringkat website tersebut di laman pencarian.

Solusinya, jangan gunakan backlink dengan domain authority yang rendah dan jangan mengambil backlink dari situs ilegal karena hal tersebut tidakdisukai Google. Manfaatkan jasa baclink kampus dengan domain authority minimal 25 dan berasal dari blog yang benar-benar berkualitas.

  1. Perbaiki User Experience

User Experience atau yang dikenal dengan istilah UX artinya adalah pengalaman pengguna yang didapat saat berkunjung ke suatu website. Tanda UX sebuah website yang bagus adalah timbulnya interaksi dari pengguna.

Anda bisa melihat apakah User Experience website Anda sudah bagus atau belum dengan melihatnya dari Google Analytic. Dari data analisa yang didapatkan, Anda bisa mencari solusi masing-masing bagian website yang masih memiliki kekurangan.

Solusi peringkat website turun sangat mudah dilakukan selama Anda mengetahui faktor penyebab apa yang menjadikan peringkatnya menurun sehingga bisa mencari solusi terbaik.