Solusi Atasi Rasa Malas Belajar Pada Anak

peran orang tua dalam mengawasi anak belajar

Belajar sering dianggap sebagai tugas yang membosankan. Jika sensasi kemalasan ini diabaikan, itu akan memiliki konsekuensi bencana di masa depan. Banyak siswa yang gagal di sekolah karena terlalu malas untuk belajar. Meski bosan atau malas bukanlah sesuatu yang bisa dihindari, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk melawan rasa malas tersebut.

Nah kali ini kita akan membahas beberapa tips menghilangkan malas belajar. mari kita lihat bersama!
Pada dasarnya seseorang bisa menghilangkan rasa malas belajar karena dua hal, pertama karena ingin mendapatkan hadiah, artinya seseorang akan termotivasi untuk belajar dengan sungguh- sungguh karena ingin mendapatkan hadiah, misalnya seorang anak ingin mendapatkan kelas. juara dan mendapat pujian dari orang tua dan  maka ia belajar dengan giat dan melawan kemalasannya.

Kedua, karena takut akan hukuman atau akibat buruk, berarti seseorang melakukan sesuatu karena ingin menghindari hukuman. Misalnya, seorang anak takut akan hukuman jika mendapat nilai rendah, mungkin dia takut akan hukuman dari sekolah atau dari orang tuanya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa tips cerdas menghilangkan rasa malas dalam belajar.

1. Motivasi Diri

Motivasi sangat penting untuk menunjang keberhasilan seseorang. Seseorang harus memiliki motivasi dalam belajar yaitu dengan saling menanamkan bahwa belajar akan memberikan manfaat di kemudian hari atau meyakinkan dalam hati bahwa hal- hal baik akan muncul jika kita rajin belajar.

Baca Juga : Guru Privat, Biaya Les Privat Jakarta

2. Temukan Tempat Yang Nyaman Untuk Belajar

Setiap orang memiliki tempat belajar yang nyaman. Seseorang dapat merasa sangat nyaman dan fokus belajar ketika berada di tempat umum, tetapi beberapa orang merasa nyaman belajar di ruangan yang tenang. Oleh karena itu, mari kita cari tempat yang  nyaman untuk Anda belajar, jika tempatnya tidak nyaman, bagaimana Anda bisa fokus.

3. Buat Rencana Pelajaran

membuat rencana belajar

Rencana belajar sangat penting karena tanpanya, kita akan berjuang untuk belajar dan tidak tahu harus mulai dari mana. Membuat rencana belajar akan membuat proses belajar kita menjadi lebih mudah, dan sebagai hasilnya belajar kita akan menjadi lebih teratur.

4. Jauhi Apapun Yang Dapat Menghambat Belajar Anda

Ini adalah salah satu hal terpenting saat belajar, yaitu menghindari hal- hal yang akan mengganggu konsentrasi kita dalam belajar. Televisi dan  merupakan hal yang sering memecah konsentrasi kita saat belajar, jadi ketika ingin memulai belajar pastikan benda- benda tersebut tidak berada di dekat kita agar bisa berkonsentrasi belajar.

Baca Juga : Biaya Les Privat Per Hari, Biaya Les SD Per Bulan

5. Jangan Terburu- buru Belajar

Terburu- buru dalam belajar akan membuat kita cepat bosan dalam belajar. Misalnya, jika seorang anak telah melewatkan banyak materi pelajaran atau memiliki banyak tugas yang menumpuk, dia akan ingin menyelesaikan semuanya sekaligus, yang akan melelahkannya dan mempengaruhi proses belajar hari berikutnya, yang menyebabkan dia menyerah pada mempelajari. Mari kita santai saja dan fokus pada apa yang penting dan serius.

6. Memberikan Penghargaan Diri

Cara ini tentunya sangat menyenangkan bukan, siapa yang tidak suka diberi hadiah, nah dengan cara ini kamu akan lebih termotivasi dalam belajar. Caranya adalah ketika Anda berhasil melawan rasa malas atau berhasil menjalankan rencana studi yang telah Anda buat, maka Anda bisa menghargai diri sendiri dengan memberikan hadiah pada diri sendiri, yaitu hal- hal yang bisa membuat Anda bahagia, seperti makan atau jalan- jalan.

7. Pikirkan konsekuensinya

Memikirkan hasil positif dari belajar bisa menjadi motivasi bagi seseorang untuk mulai belajar. Jika Anda memiliki motivasi semacam ini dalam pikiran Anda, namun Anda masih belum memiliki tekad untuk memulainya dan kemalasan masih mendominasi Anda, bagaimana jika Anda mencoba sebaliknya? Daripada memikirkan manfaat belajar, pikirkan akibatnya jika tidak belajar. Anda mungkin memiliki nilai yang gagal dan akan dipaksa untuk mengambil mata pelajaran yang sama lagi. Kedengarannya mengerikan. Jadi, jadikan ini sebagai motivasi untuk bangkit, membalik halaman buku catatan Anda, mulai membaca dan belajar.

Baca Juga : Les Privat Adalah, Jasa Les Privat

8. Lakukan tugas yang lebih mudah

Satu hal yang bisa menjadi kendala dalam belajar, sebenarnya adalah bagaimana memulainya. Anda cenderung kewalahan dengan tugas- tugas yang lebih besar dan bagaimana memulainya dan menyelesaikannya tepat waktu. Santai saja. Jangan terlalu memaksakan diri karena bisa menambah kemalasan Anda. Perasaan itu ketika kamu ingin menyerah meskipun kamu belum memulai. Atasi dengan memulai dengan tugas yang lebih mudah. Misalnya, mulailah mempelajari topik pada mata pelajaran tertentu yang lebih mudah bagi Anda. Setelah Anda berhasil menyelesaikan mempelajari topik itu, Anda akan memiliki kepercayaan diri untuk beralih ke topik yang lebih sulit.