Seperti Apa Peran Konsultan Pajak bagi Bisnis UMKM ?

konsultan pajak adalah perantara antara UMKM bersama otoritas pajak. Konsultan buat persiapan laporan pajak, mengurus kepatuhan pajak, jalankan rencana pajak, memeriksa perpajakan bisnis, mendampingi saat ada pemeriksaaan pajak, konsultasi, mengurus restitusi pajak, hingga bantu selesaikan sengketa pajak.

konsultan pajak memiliki peran krusial dan dapat mewakilkan UMKM saat ada urusan terkait perpajakan bisnis mereka. Bagaimanapun, UMKM senantiasa kudu patuh kecuali terkait bersama urusan pajak. Mengingat keputusan perpajakan lumayan rumit dan tidak mudah, lebih-lebih berakibat sanksi administrasti ataupun pidana.

Konsultan pajak pun menghemat saat bagi pemilik bisnis UMKM. Laporan SPT tahunan, pembuatan estimasi pembayaran pajak, hingga dapat saja ada koreksi fiskal yang kudu dijalankan bisnis telah terurusi bersama baik. Secara tidak langsung, bimbingan pajak bagi bisnis pun mengurangi beban administratif, bisnis lebih menyadari tentang pajak usaha, terhitung apa faedah dikala bisnis mulai membayar pajak.

 

Walau banyak bisnis yang mulai membayar pajak secara mandiri tanpa pemberian konsultan. Hal yang kudu dipikirkan ulang adalah, apakah prosedur perpajakan bisnis telah lengkap dan benar? Apakah ada keputusan terakhir tentang perpajakan yang justru lebih meringankan pajak bisnis? Ketika ada insentif pajak, kenapa susah sekali mengurusnya?

Belum ulang dikala bisnis UMKM terhubung cabang yang memicu otoritas pajak melirik potensi pajak, ilmu perpajakan yang minim pun memicu bisnis kelabakan dan kebingungan. Fatalnya, UMKM kudu membayar pajak tahun-tahun sebelumnya, yaitu maksimal 5 th. ke belakang sejak UMKM jalankan kesibukan usaha.

 

Dengan Konsultan pajak dapat mengurus pajak dengan mudah

Sudah seharusnya bagi para pemilik UMKM mulai mengurus perpajakan dengan dukungan dari konsultan pajak terpercaya. Baik yang baru merintis, ataupun yang sudah mengembangkan bisnis.

Kapan lebih tepatnya perlu mengandalkan konsultan pajak? Ketika usaha Anda berada di wilayah atau zona khusus perpajakan seperti Kawasan Berikat, Kawan Bebas Pajak, dan lainnya.

Kemudian ketika usaha Anda berkaitan erat dengan institusi milik negara seperti BUMN, karena tata cara perpajakan berbeda dengan jenis usaha lainnya. Selain itu, melakukan aktivitas impor atau ekspor pada bisnis pun memerlukan pajak yang diurus secara khusus.

 

Apalagi jika bisnis UMKM Anda bergerak di bidang yang diatur oleh otoritas pajak, pengusaha kena pajak (PKP), dan akan berbentuk PT atau CV.

Dalam hal ini, pajaknesia menyediakan layanan jasa konsultan pajak UMKM yang sudah dipercaya bisnis UMKM di Indonesia, yang memastikan bisnis UMKM akan  melaksanakan kewajiban perpajakan sesuai dengan aturan pajak terbaru di Indonesia.

 

Hal umum yang biasa dilakukan diantaranya:

  • Agar masalah pajak untuk efisiensi dan efektivitas lebih baik.
  • Perencanaan pajak: Untuk meminimalkan kewajiban pajak dan mendapat keuntungan sesuai UU perpajakan.
  • Tinjauan kepatuhan pajak: Agar menghindar dari bayaran pajak tidak akurat serta dapat lolos dari pelaporan pajak.
  • Administrasi pajak: Agar mendapat laporan SPT bulanan dan tahunan.
  • Penyelesaian sengketa pajak: Untuk mendapat strategi efektif dalam penyelesain sengketa pajak berdasar fakta serta dokumen bisnis.

 

Segera hubungi pajaknesia di sini, dan dapatkan manfaat membayar pajak bagi bisnis UMKM, termasuk manfaat dari mengandalkan konsultan pajak. Kalau bukan sekarang, kapan lagi? Ingat, orang bijak taat pajak!