Sekilas Mengenai Tiga Senjata Portable Yang Sangat Mematikan Dimanfaatkan Ukraina

Arsip Infografis – Peran tank tempur utama atau main battle Tank dan juga pesawat dalam konflik bersenjata berkembang sangat pesat. Tank digunakan untuk mendukung kemajuan Infanteri digunakan di lingkungan yang kompleks seperti pusat kota untuk memberikan dukungan tempur bagi pasukan yang turun.

Tank modern bisa menghancurkan seluruh bangunan dan menyediakan jalan bagi pasukan untuk maju dengan perlindungan tertentu. Begitu juga dengan pesawat tempur, helikopter atau pesawat logistik memainkan peran sentral dalam mengawal serangan darat agar bisa mengendalikan situasi dan wilayah pertempuran.

senjata-enlow

Menghadapi dua monster mengerikan tersebut ternyata senjata portable yang memiliki efisiensi tinggi dan mudah dioperasikan memegang peranan sangat penting dalam pertempuran. Perang Ukraina Rusia telah menjadi etalase pamer kekuatan tiga misil portable yang sangat efisien, efektif dan mematikan. Ukraina dengan kekuatan yang sangat jauh lebih kecil membuat Rusia kerepotan untuk meraih kemenangan cepat karena tank dan kekuatan udaranya yang sangat mahal, mudah dilumpuhkan dengan senjata yang jauh lebih murah.

Kita akan mengulas teknologi dari ketiga senjata ini yaitu:
– Enlow
– Jefvelin
– Stinger

End low atau next Generation antitank weapon merupakan senjata anti tank ringan generasi berikutnya mudah menghancurkan tank paling canggih sekalipun. Tank secara tradisional mengizinkan operator mereka untuk berburu lawan dengan relatif aman. End low lalu membalikkan keadaan dengan merubah pemburu menjadi yang diburu dan dikembangkan oleh subwoofer dinamik dan defense bekerjasama dengan Kementerian Pertahanan Inggris dan Swedia pada tahun 2002.

Baca juga perjanjian kerja karyawan

End Low dapat diluncurkan ke target dengan dua pola yaitu UTE dan DTE yaitu pola atau overflight menyasar salah satu bagian rawan dari mbd atau Main Battle Tank pada bagian atas sasaran. UTE menjadi andalan untuk menghancurkan tank lantaran MBT rata-rata memiliki perkuatan yang lemah pada bagian atas. Dimana plat bajanya lebih tipis dibandingkan dengan bagian yang lain.

Kemudian DirectX untuk melibas sasaran Static seperti kategori kendaraan tempur yang lebih ringan misalnya truk dan Jeep. Proses penembakan end low cukup mudah tangan kanan penembak tinggal membuka tombol peluncur yang tersimpan di bawah tombol berwarna merah dengan menggeser blog tuas untuk mengaktifkan roket dan memberi kesempatan pada speaker di kepala roket untuk menghitung algoritma peluncuran.

Kurang dari tiga detik roket akan meluncur perlahan terlebih dahulu karena fitur softlens lalu 3 m dari titik peluncuran motor utama roket akan mengambil alih dan melesatkan roket kesasaran. Enlow mengusung hulu ledak single sheet case yang mampu menjebol lapisan baja setebal 50 cm.

Tandem eksplosif anti-tank pada hulu ledaknya bahkan bisa merobek lapisan explosive aktif Armor yang menjadi priser anti tank. Lewat kendali sensor magnetik and lo dapat dioperasikan secara Fair and forget dan anti jamming. Jarak jangkauan tembak minimalnya adalah 20 m. Sementara jarak jangkau maksimum mencapai 600-1000 m, kecepatan lezat rudal 40 meter per detik dan mampu dioperasikan pada kondisi siang dan malam hari.

Enlow dapat dikombinasikan dengan perangkat in Fiji atau netvision Google. Secara dimensi enlow memiliki berat 12,5 kg, panjangnya 1016 mm, kalibernya 115 atau 100 50mm amunisi tidak sensitif sehingga bisa ditumpuk di berbagai gudang penyimpanan dan umur simpan 20 tahun serta free maintenance.

Enlow dapat menyerang dari hampir semua posisi dibelakang pohon, selokan, ruang bawah tanah atau dari lantai dua gedung diluar jangkauan. Sebagian besar tank salah satu tantangan utama yang dihadapi persenjataan anti-tank adalah sasaran ketika terhalang oleh rintangan. Misalnya kendaraan sumber panas atau saluran listrik namun itu tidak menjadi masalah.

Operator hanya perlu melacak target selama beberapa detik sebelum menembak dan enlow akan melakukan sisanya. Prinsipnya adalah BD tekan tombol dan luncurkan produsen menyatakan hanya perlu waktu kurang dari satu jam untuk melatih prajurit mengoperasikannya karena begitu mudah penggunaan. Harganya juga cukup murah sekitar 200-300 jutaan untuk sekali peluncuran.

Namun bisa menghancurkan tank yang harganya puluhan miliar. Negara yang secara resmi menggunakan enlow adalah inggris-swedia dan Indonesia.

Javelin

Missile rudal Javelin dibuat Amerika untuk menggantikan rudal 47 dragon. Rudal inipun dinilai sudah usang, rudal dragon telah menjadi andalan Amerika pada tahun 80-an yaitu saat ancaman utama Angkatan Bersenjata Amerika adalah Uni Soviet.

Texas instrument dan Martin Marietta sekarang dikenal sebagai lockheed Martin memenangkan kontrak dan tes rudal pertama terjadi pada tahun 1991. Tes awal positif dan rudal Javelin fgm-148 mulai berproduksi penuh pada tahun1994.

Jevelin adalah sistem rudal yang jauh lebih baik daripada Dragon dalam hampir semua hal. Jevelin menggunakan sistem inframerah pencitraan untuk mendeteksi dan mengunci tank pada jarak hingga 4750 m. Setelah operator mengunci tank dan memulai urutan peluncuran motor roket kecil menendang rudal keluar dari tabung peluncuran ke udara, dimana motor utama menyala dan mengirimkan rudal downrange.

Jevelin memiliki dua mode serangan,

-Mode pertama adalah serangan langsung dimana rudal terbang langsung menuju tank musuh. Rudal ini memiliki dua hulu ledak yang pertama memicu pelindung reaktif menetralkannya dan yang kedua untuk menebus sabuk pelindung utama tank.

– Mode kedua mengirimkan jevelin berpacu ke atas ketinggian 500 kaki lalu turun ke bagian atas tank. Tempat perlindungan lapis baja yang paling tipis.

Jevelin adalah rudal dengan sistem tembak, begitu di luncurkan prosesor rudal mengambil alih untuk mengarahkannya ke sasaran. Seorang penembak jevelin dapat menembakkan rudalnya dan kemudian melarikan diri mundur atau pindah ke posisi menembak alternatif.

Sistem ini dapat ditembakkan oleh satu orang tetapi biasanya tim terdiri dari dua orang yang satu membawa peluncur dan yang lainnya membawa amunisi rudal. Seperti enlow, jevelin juga menggunakan sistem peluncuran lunak atau software dimana rudal dikeluarkan dari peluncur untuk mencapai jarak aman sebelum roketnya diaktifkan.

Jevelin didesain untuk mampu mengalahkan mbd atau Main Battle Tank bahkan yang dilengkapi dengan lapisan generasi terbaru. Sekalipun kemampuan jevelin untuk meluncur secara pintar ini adalah berkat sistem pemandu pintar yang tersimpan pada modus CLU atau comment lens unit yang bisa dilepaskan dari tabung peluncur.

CLU merupakan passive infra red site memiliki tiga macam magnifikasi yaitu Devi love you empat kali whitfield of you thermal empat kali Nero filosofi U9 kali dan akhirnya seeker filosofi U9 kali.

Satu hal yang menjadi keunggulan jevelin adalah selalu yang memiliki fitur settingan kontras dan kecerahan sehingga nyaman untuk digunakan. Ini Masih ditambah dengan unit pendingin yang mendinginkan sensor sehingga pengenalan termal pada objek sasaran dapat dilakukan selalu secara lebih baik dibandingkan dengan optik anode monocular yang menjadi standar pasukan Amerika.

Banyak personal yang melepas CLU dan menggunakannya sebagai teropong observasi sehingga boleh dibilang CLU ini adalah teropong malam Infanteri terbaik yang dimiliki oleh Amerika Serikat.

Rudal ini mampu memberikan daya tembak berlipatganda yang memberikan kemenangan menentukan bagi pasukan yang kekuatannya lebih kecil. Jevelin terutama digunakan oleh Angkatan Darat Amerika dan korps marinir tetapi juga telah dijual ke 18 negara termasuk Ukraina, Prancis, Qatar Turki dan Yuni Emirat Arab.

Pada bulan Februari 2018 pukul ukraina membeli 210 rudal Javelin dan 37 peluncur dari Amerika Serikat dengan nilai 666 miliar. Saat pertempuran dengan Rusia, Ukraina mendapatkan hibah jevelin dari berbagai negara dan menurut pengamatan inteljen. Javelin yang digunakan di Ukraina memiliki efektivitas 94 persen. Artinya dari 100 kali serangan Hai jevelin hanya meleset sebanyak enam kali.

Senjata ringan terakhir yang sangat mematikan adalah Stinger fim-92. Stinger adalah menpor table and defense system yang dikembangkan oleh Amerika Serikat pada akhir tahun 70-an. Dirancang oleh general dynamics dan diproduksi oleh raiton Michelle sistem.

Sistem ini beroperasi dari tahun 1981 generasi kedua hingga sekarang generasi keempat Stinger dirancang untuk menyerang pesawat darat tingkat rendah. Pesawat ini juga sangat mematikan terhadap helikopter dan juga pesawat angkut.

Stinger adalah peningkatan dari rudal rate generasi pertama yang sebelumnya digunakan untuk melawan target udara dibandingkan dengan pendahulunya. Stinger telah meningkatkan kecepatan dan jangkauan meningkatkan ketahanan terhadap tindakan pencegahan dapat mengidentifikasi kendaraan udara.

Dengan menggunakan Humming inframerah dengan jangkauan operasional 8 KM. Bagian depan rudal dengan pemindai roset 2 warna dengan detektor inframerah dan UltraViolet detector untuk mendeteksi gas panas. Sedangkan detector UltraViolet digunakan untuk melacak radiasi rudal Stinger.

Memiliki panjang 1,5 meter diameter 7,62 cm dan rentang sirip 10,6 cm. Sistem ini memiliki berat sekitar 10 kg sedangkan berat total termasuk griptok adalah 15,8 7 kg.

Sistem rudal yang telah terbukti dalam pertempuran ini dilengkapi dengan empat sirip ekor, motor terbang dorong ganda, baterai lithium, unit pendingin atau BC, simulasi full up berbasis komputer dan transfer identifikasi teman atau musuh.

Sistem rudal Stinger dilengkapi dengan proyektor hulu ledak konvensional berdaya ledak tinggi dan mampu menembus material modern yang dipasok oleh American.

Ordnance terdiri dari satu bahan peledak tinggi yang dalam silinder ditandai piroforik hulu ledak mematikan. Memiliki berat 3 kg rudal, Stinger didorong oleh mesin 2 tak pendorong propelan padat yang memberikan kecepatan lebih dari mah.

Sistem propulsi memastikan rudal beroperasi pada ketinggian maksimum sekitar 10.000 kaki dan memberikan jangkauan maksimal hingga lima mil. Varian Stinger dan bloon menampilkan mikroprosesor canggih dengan kemampuan pemrograman ulang.

Perangkat lunak baru model senjata Stinger juga sangat beragam mulai tipe fim-92 a hingga fim-92 C senjata. Senjata ini seolah-olah diuji kemampuannya dalam perang Ukraina dan Rusia. Meskipun kemampuan militer sangat tidak seimbang namun beberapa analis memperkirakan Rusia sangat kerepotan menaklukkan Ukraina dengan cepat jika ditanyakan Siapa yang panen keuntungan dari konflik Ukraina Rusia ini maka yang paling untung adalah NATO dan Amerika Serikat.

Serangan ke Ukraina Rusia digebuk ekonominya secara rame-rame yang akan sulit pulih dalam waktu singkat. Kemudian kekuatan militernya disedot untuk bertempur di Ukraina dalam jangka waktu lama yang menguras segala sumberdaya Rusia. Kemampuan militer Rusia juga terekspos secara riil sehingga Amerika dan Nato memperoleh materi intelijen yang sangat berharga.

Demikian sekilas mengenai tiga senjata portable yang sangat mematikan yang dimanfaatkan Ukraina untuk bertahan dari Rusia.