Sebab Sakit Kepala dan Beberapa Cara Mengatasinya

Sakit kepala bisa dikatakan sebagai salah satu kondisi paling umum yang dihadapi setiap orang.  Faktanya, 7 dari 10 orang mengalami sakit kepala setidaknya setahun sekali.  Meskipun ini adalah situasi umum, Anda tidak boleh meremehkan ini.

 

Kondisi selain menyebabkan rasa sakit Sakit kepala    Hal ini juga dapat menimbulkan sensasi yang tidak menyenangkan bagi seseorang, terutama di bagian kepala hingga leher.  Pada kasus yang parah, sakit kepala bisa menjadi tak tertahankan dan mengganggu aktivitas, bahkan membahayakan nyawa seseorang.

 

Untuk itu, penting bagi Anda untuk mengetahui penyebab sakit kepala dan apa yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.  Langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab sakit kepala 

secara umum, Sakit kepala    Nyeri di kepala bisa terjadi saat saraf bekerja.  Ini bisa dipicu oleh aktivitas atau perilaku Anda sehari-hari.  Sakit kepala juga bisa dipicu oleh penyakit lain seperti tekanan darah tinggi, sakit gigi, dan tumor otak. 

Beberapa penyebab sakit kepala antara lain:

·         Mengalami stres

·         Tubuh lelah atau lelah

·         Kebiasaan merokok

·         Perubahan dalam tidur atau istirahat

·         Terlalu banyak minum alkohol

·         Mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein

·         Pola makan tidak teratur

·         Tubuh sedang masuk angin

·         Menstruasi atau menopause

Selain poin-poin yang disebutkan di atas, seseorang mungkin mengalami sakit kepala karena banyak penyakit seperti meningitis dan sinusitis kronis.  Untuk itu, jika kondisi Anda tidak kunjung sembuh, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk diagnosis dan penanganan yang tepat. 

Cara mengatasi sakit kepala 

Jika tidak memungkinkan untuk mengunjungi dokter, Anda dapat melakukan beberapa langkah untuk mengatasi perasaan tersebut Sakit kepala    Berpengalaman.  Namun, perlu diingat bahwa setiap jenis sakit kepala memiliki perawatan  yang berbeda dan harus ditangani langsung oleh dokter.  Tetapi jika sakit kepala Anda ringan, berikut beberapa tips yang mungkin bisa membantu.

1.      Ini membutuhkan cairan yang cukup

Sudah dijelaskan bahwa salah satu penyebab sakit kepala adalah dehidrasi.  Untuk itu, cobalah penuhi kebutuhan cairan saat sakit kepala menyerang.  Selain mengurangi rasa sakit, minum air putih dipercaya dapat membantu mencegah kondisi tersebut datang kembali.

2.      Meremas

Cara mengatasi sakit kepala selanjutnya adalah kompresi.  Dalam hal ini, Anda perlu menyesuaikan jenis kompresi dengan jenis sakit kepala.  Jika Anda merasakan sakit kepala tipe tegang maka gunakan itu Bantal pemanas atau kompres hangat untuk mengurangi rasa sakit.  Jika Anda mengalami migrain, maka kompres dingin akan sangat bermanfaat.

3.      Beristirahatlah dalam cahaya redup

Jika Anda mengalami sakit kepala yang tak tertahankan, coba matikan atau matikan lampu di kamar kecil.  Anda juga dapat menciptakan lingkungan kamar yang nyaman, dan menghindari kebisingan.  Jika Anda tidak berada di dalam ruangan, Anda bisa menggunakan kacamata hitam untuk mengurangi cahaya yang terang.

4.      Pijat relaksasi

Selain cara-cara tersebut di atas, Anda juga bisa melakukan pijat relaksasi di berbagai area untuk meredakan sakit kepala, terutama yang disebabkan oleh stres.  Beberapa area yang bisa dibidik dalam hal ini adalah kepala, pelipis, hingga leher.  Dengan cara ini, dijamin tubuh akan terasa lebih tenang dan rileks.

5.      Konsumsi herbal

Cara terakhir untuk mengatasi sakit kepala adalah dengan mengonsumsi herbal pereda sakit kepala khusus.  Beberapa pilihan yang mungkin tersedia untuk Anda termasuk parasetamol, ibuprofen, dan aspirin, yang sudah tersedia di banyak apotek. 

Nah, itulah beberapa penjelasan dari beberapa penyebabnya. Sakit kepala    Dan cara mengatasinya.  Jika rasa sakit Anda tidak membaik, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk penanganan yang lebih tepat.

Sumber : headache in the back of the head right side