Produk Dan – Atau Layanan – Mendefinisikan Produk “Berorientasi Layanan” dan Peran Terkait Teknologi

 

service ac di pekanbaru – Perekonomian dapat dianalisis menggunakan pendekatan berbasis pasar dan berbasis produksi untuk klasifikasi industri. Sistem Klasifikasi Industri Amerika Utara (NAICS) menggunakan pendekatan yang digerakkan oleh pasar; Klasifikasi Industri Standar (SIC) yang lebih lama menggunakan pendekatan yang digerakkan oleh produksi.

Di bawah pendekatan yang digerakkan oleh pasar, ekonomi terdiri dari industri penghasil barang dan penyedia jasa. Industri penghasil barang meliputi: sumber daya alam dan pertambangan, konstruksi, dan manufaktur; industri penyedia layanan meliputi: perdagangan grosir dan eceran, transportasi (dan pergudangan), utilitas, informasi, kegiatan keuangan, layanan profesional dan bisnis, layanan pendidikan dan kesehatan, rekreasi dan perhotelan, dan administrasi publik.

Di bawah pendekatan yang digerakkan oleh produksi, ekonomi terdiri dari industri yang digerakkan oleh produk dan digerakkan oleh layanan. Industri yang digerakkan oleh produk terdiri dari perusahaan yang mengelola persediaan yang tersedia untuk dijual sebagai aktivitas utama (terlepas dari apakah mereka mengubahnya atau tidak). Di bawah pendekatan ini, industri ritel, grosir, dan layanan makanan digerakkan oleh produk. (Dapur penyedia layanan makanan setara dengan pabrik.) Perusahaan berbasis produk mungkin memiliki akuntansi biaya dan praktik operasi yang ekstensif untuk manajemen inventaris.

Klasifikasi industri dapat diterapkan pada suatu perusahaan secara keseluruhan (industri primer), dan pada pendirian di dalamnya, yang mungkin berada dalam industri sekunder yang berbeda. Gedung adalah fasilitas yang meliputi pabrik (pabrik dan gudang) dan cabang (gerai eceran dan grosir).

Misalnya, industri perhotelan didorong oleh layanan; di bawah pendekatan yang digerakkan oleh produksi, bar dan restoran di dalam hotel digerakkan oleh produk. Industri hiburan didorong oleh layanan; di bawah pendekatan yang digerakkan oleh produksi, toko eceran dan bar di dalam teater digerakkan oleh produk. Industri perawatan kesehatan didorong oleh layanan; di bawah pendekatan yang digerakkan oleh produksi, pendirian apotek eceran di dalam rumah sakit digerakkan oleh produk. Di bawah pendekatan yang digerakkan oleh pasar, semua perusahaan ini menyediakan layanan.

Misalnya, perusahaan manufaktur memproduksi barang dengan pendekatan yang digerakkan oleh pasar, dan digerakkan oleh produk dengan pendekatan yang digerakkan oleh produksi. Jika ia juga mengoperasikan sistem pengiriman ritel, toko-toko tersebut adalah penyedia layanan dengan pendekatan yang digerakkan oleh pasar, dan digerakkan oleh produk di bawah pendekatan yang digerakkan oleh produksi. Jika semua pendapatan penjualan bersumber dari produknya sendiri, maka perusahaan tersebut berada di dua industri utama. Namun, jika dipaksakan, pemilihannya harus didasarkan pada kompetensi inti – kegiatan yang dilakukan dengan baik. Perusahaan dapat dibagi menjadi dua unit bisnis terpisah: manufaktur dan merchandising. Unit merchandising adalah pelanggan internal dari unit manufaktur. Namun, bergantung pada strategi dan kebijakan, unit manufaktur dapat menjual produk ke grosir dan pengecer lainnya, dan unit merchandising dapat membeli produk dari produsen dan grosir lain. Di bawah pendekatan yang digerakkan oleh pasar, unit manufaktur adalah penghasil barang dan unit merchandising menyediakan layanan, sedangkan di bawah pendekatan yang digerakkan oleh produksi, unit merchandising digerakkan oleh produk.

Perbaikan ekonomi berubah seiring waktu karena industri baru muncul dan tumbuh dan industri yang lebih tua matang dan menurun. Misalnya, industri manufaktur bergeser dari terintegrasi secara vertikal ke outsourcing secara strategis. Agen outsourcing strategis dapat memproduksi komponen khusus dan merakit produk jadi. Namun, dengan melakukan outsourcing pembuatan komponen utilitas ke produsen skala khusus, outsourcing strategis dapat menurunkan biaya produksi mereka.

Bioteknologi dan nanoteknologi adalah industri yang sedang berkembang. Industri informasi berkembang seiring dengan semakin banyaknya teknologi di mana-mana, dan karena pengetahuan dikemas dalam produk digital. Pengetahuan adalah informasi yang telah dipelajari dan disimpan. Di masa depan, pengetahuan akan dipertahankan secara ekstensif dalam bentuk elektronik.

Produk dan layanan…

Istilah “produk” dikaitkan dengan sesuatu yang berwujud – hasil inventaris dari kegiatan pertanian, pertambangan dan pengeboran, konstruksi, dan manufaktur. Keluaran adalah produk akhir, atau komponen yang dirakit menjadi produk akhir dalam proses hilir di dalam perusahaan atau di pelanggannya.

Istilah “layanan” dikaitkan dengan sesuatu yang tidak berwujud – kemampuan yang dikirimkan pada titik atau waktu penjualan, atau segera setelahnya, atau sebagai layanan pendukung. Layanan pendukung dapat dibeli pada saat penjualan untuk penggunaan hilir, atau nanti, dan terdiri dari item seperti jaminan di luar yang disertakan dengan produk, pemeliharaan preventif, serta pembersihan dan perbaikan rutin.

Fungsi dan fitur produk lebih mudah