Permit Mengenal Serba-serbi Si Surat Izin Pekerjaan Berisiko

Tahukah anda apa itu permit? Jika diterjemahkan didalam bhs Indonesia, permit adalah surat izin. Tak cuma sekadar surat, Work Permit Indonesia merupakan dokumen yang sangat penting dan wajib anda perhatikan, apalagi terkecuali anda mempunyai pekerjaan yang berisiko tinggi.

Berbagai Jenis Permit

Terdapat bermacam tipe pekerjaan berbahaya yang wajib dikeluarkan permitnya. Perlu anda ketahui bahwa tidak serupa tipe pekerjaan, tidak serupa pula permit yang dikeluarkan.

Oleh gara-gara itu anda wajib mengetahui pekerjaan apa yang sedang dikerjakan sehingga dapat menegaskan permit apa yang digunakan. Jenis-jenisnya pada lain:

1. Izin Kerja Panas (Hot Work Permit)

Hot work permit diperlukan untuk pekerjaan yang berkutat bersama sesuatu yang panas, menggunakan api atau berdekatan bersama bahan yang ringan terbakar. Contohnya: sandblasting, welding, grinding, dan cutting berdekatan bersama bahan ringan terbakar, pengeboran logam dan lain sebagainya.

2. Izin Kerja Dingin (Cold Work Permit)

Cold work permit bertujuan untuk pekerja yang lakukan pekerjaan pemeliharaan, perbaikan maupun konstruksi. Contohnya: pekerja bangunan, pengecatan, pekerjaan sipil, hydro test, dan lain sebagainya.

3. Izin Kerja Masuk area Terbatas (Confined Space Entry Permit)

Confined space entry permit diperlukan untuk pekerjaan di area terbatas layaknya ruangan minim oksigen, ruangan bekas bahan kimia dan gas lain, ruangan bersama akses yang terbatas, ruangan bersama pencahayaan yang tidak cukup dan lain sebagainya.

4. Radiography Permit

Radiography permit digunakan untuk pekerjaan yang terjalin bersama radiasi sinar X/gamma.

5. Izin Kerja Listrik (Electric Work Permit)

Electric work permit digunakan untuk pekerja yang lakukan pengecekan, perbaikan dan pemeliharaan peralatan listrik atau yang berarus listrik.

6. Izin Pengangkatan (Lifting Permit)

Lifting permit merupakan izin kerja pengangkatan yang kritikal layaknya pengangkatan beban lebih dari 10 Ton, pengangkatan menggunakan 2 crane atau lebih dan pengangkatan material mahal dan material lebar yang dikategorikan berbahaya.

 

7. Izin Bekerja di Atas Ketinggian

Izin pekerja yang bakal bekerja di atas ketinggian di mana akses ke area kerja wajib menggunakan personal basket.

8. Surat Izin Pekerjaan Penggalian (Excavation Work Permit)

Excavation work permit izin pekerjaan penggalian di area yang memerlukan pengecekan dan persetujuan dari bermacam departemen perihal layaknya produksi, pipeline maintenance, dan lain sebagainya.

Kamu tidak diperkenankan menggunakan satu permit untuk bermacam tipe pekerjaan. Selain itu, permit termasuk mempunyai batas waktu. Permit cuma diberikan sepanjang satu shift atau sekitar 8 jam kerja dan berlaku tidak cukup dari 1 (satu) hari. Dan terkecuali kondisi lingkungan berubah layaknya pergantian shift atau hujan, maka permit kerja wajib diperiksa lagi. Pekerjaan termasuk dapat diperpanjang bersama persetujuan dari pengawas di area tersebut.