Perbedaan Print Masker Jenis Earloop dan Headloop

Memilih print masker yang tepat harus sesuai dengan standar keamanan dalam melindungi diri dari virus, serta sesuai dengan pemakainya. Hal ini untuk memastikan bahwa masker yang digunakan melekat nyaman di area wajah terutama hidung dan mulut.

Perbedaan Print Masker Jenis Earloop dan Headloop

Ada dua jenis pengait masker yang umum digunakan. Adapun jenis pengait tersebut adalah earloop dan headloop. Earloop adalah pengait masker yang ditempatkan di telinga. Sedangkan headloop adalah pengait yang melingkar di area belakang kepala. Berikut perbedaannya.

1. Perbedaan Berdasarkan Cara Pengurusannya

Masker earloop digunakan dengan mengaitkan karet masker ke belakang telinga. Dengan cara sederhana ini banyak orang yang lebih menyukai masker earloop karena praktis, rapi dan tidak tampak dari belakang. Selain itu masker earloop juga mudah dilepas saat diperlukan.

Sedangkan masker headloop digunakan dengan melonggarkan karet pengait dan melingkarkannya di belakang kepala. Anda juga perlu merapikannya sedikit agar tampak lebih simetris dari belakang. Masker satu ini cenderung lebih aman dan tidak mudah lepas dibandingkan masker earloop.

2. Perbedaan Panjang Tali Pengait

Adapun ukuran panjang tali yang digunakan oleh masing-masing masker pun berbeda. Pengait headloop membutuhkan tali karet yang cukup panjang dan dipasang melintang agar mampu menjaga masker tetap di area yang seharusnya.

Sementara earloop memiliki tali karet yang cukup pendek pada masing-masing sisi kanan dan kiri. Hal tersebut juga perlu disesuaikan dengan ukuran pengguna, karena bisa saja antara satu orang dan lainnya memiliki kebutuhan panjang tali yang berbeda.

3. Perbedaan Berdasarkan Penggunanya

Berdasarkan sasaran penggunanya, earloop dan headloop dapat digunakan oleh semua orang. Namun secara khusus headloop lebih fleksibel digunakan oleh orang berhijab sehingga tidak perlu memasukkannya ke dalam balik hijab. Oleh sebab itu, banyak juga yang menyebutnya dengan masker hijab.

Sedangkan earloop lebih familiar di kalangan umum khususnya pria atau pengguna non hijab. Masker jenis ini hampir mirip dengan masker scuba yang juga menggunakan sistem pengait earloop. Adapun anak-anak juga umumnya menggunakan pengait masker ini.

4. Perbedaan Berdasarkan Fleksibilitasnya

Earloop termasuk dalam masker yang sangat fleksibel. Pasalnya pengait telinga tersebut bisa saling dihubungkan menjadi model headloop. Dengan demikian seseorang dapat menggunakannya pada dua kondisi atau dua mode hanya dengan 1 masker

Semantara masker headloop tidak dapat diubah menjadi masker earloop, maka Anda hanya bisa menjadikannya sebagai satu model pengait saja. Meski demikian hal tersebut bukanlah masalah karena kenyamanan dan fungsinya tetap sama.

Pilihan Karet Tali yang Nyaman Untuk Earloop dan dan Headloop Print Masker

Baik masker printing, masker motif bordir, masker sablon dan lainnya penting untuk menggunakan bahan dan jenis karet tali yang terbaik. Karet tali yang digunakan harus nyaman dan sesuai dengan ukuran yang benar, sebab jika tidak maka mungkin saja akan terlalu kencang atau longgar.

print masker 6

Tali karet yang nyaman memiliki ciri-ciri halus, elastis yang lembut dan tidak terlalu kuat. Sedangkan untuk warnanya akan lebih baik menggunakan warna hitam karena tidak mudah terlihat kotor dan netral dengan kombinasi warna apapun.

Selain itu, karet yang nyaman adalah yang memiliki ukuran tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Dengan demikian karet akan terasa pas dan nyaman baik digunakan sebagai earloop maupun headloop. Tak hanya itu, tali karet akan nyaman jika ukurannya sesuai.

Demikian informasi tentang tali masker antara earloop dan headloop. Keduanya biasa digunakan pada jenis print masker, bordir masker, sablon masker dan masker lainnya dengan desain dan bahan yang nyaman. Selain itu pemilihan pengait juga tergantung pada penggunanya.