Manfaat dan Kelebihan Kayu Meranti

Kayu Meranti merupakan jenis kayu yang paling populer dan paling komersial, khususnya di Asia Tenggara. Pada umumnya kayu ini digunakan sebagai bahan baku konstruksi bangunan dan sebagai bahan dasar furniture. Kayu meranti merupakan kayu keras dengan bobot ringan sampai sedang.

Kayu ini dapat dikenali dari permukaannya yaitu merah muda pucat, merah muda kecoklatan, merah tua hingga coklat tua. Warna ini menandakan umur kayu Meranti. Semakin gelap warnanya, semakin gelap warnanya, semakin baik kualitasnya. Lalu apa saja manfaat dan kegunaannya? Yuk simak di bawah ini!

1. Mudah Dikeringkan

Setiap kayu tentunya memiliki kadar air masing-masing, sama seperti kayu meranti dengan berat jenis antara 0,3 – 0,86 dan kadar air 15%. Namun kayu meranti tetap merupakan kayu yang mudah terkelupas karena kelembabannya yang tinggi.

Pengeringan kayu meranti bisa dilakukan secara alami di bawah sinar matahari atau dengan alat. Biasanya pengeringan kayu jenis ini bertujuan untuk menjaga kestabilan ukuran dan bentuk kayunya.

2. Diklasifikasikan sebagai tahan lama

Meranti merah dapat diklasifikasikan menjadi kelas kuat II-IV (hingga 15 tahun) karena kekuatannya, sedangkan umur simpannya diklasifikasikan ke dalam kelas III-IV (hingga 10 tahun). Ada 5 tingkatan klasifikasi kayu: semakin rendah nilainya, semakin tahan lama suatu jenis kayu. Kayu meranti merah juga dapat dengan mudah diawetkan dengan campuran minyak solar dan creosote.

3. Strukturnya Keras

Kayu meranti dapat diolah menjadi jenis kayu keras. Bentuk dan ukuran kayu meranti tidak mudah berubah. Kayu meranti juga tidak mudah mengembang atau menyusut karena perubahan suhu.

Kayu ini cukup stabil sehingga sangat cocok digunakan sebagai bahan bangunan untuk struktur bangunan dan sketsa bangunan khususnya rangka atap. Dengan menggunakan kayu meranti maka rangka atap suatu bangunan tahan lama.

4. Bahan Furnitur

Karena kualitas kayu meranti mudah dibentuk, maka kayu meranti dapat digunakan sebagai berbagai macam furniture. Inilah mengapa kayu Meranti memiliki harga beli yang sangat tinggi karena keunggulannya terletak pada furniture yang kita lihat setiap hari.

5. Bahan Konstruksi Bangunan

Dengan tekstur yang keras dan daya tahan yang lama, kayu Meranti merupakan salah satu jenis kayu yang dapat digunakan sebagai bahan bangunan, mis. B. rangka atap, lantai parket, railing, pintu, jendela dan bahkan keset lantai.

6. Bahan Pembuat Kertas

Kayu meranti memang merupakan kayu yang mudah untuk dikerjakan. Kayu olahan dari kayu Meranti dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti particle board, port side dan veneer untuk triplek. Selain itu, kayu meranti olahan cocok untuk produksi selulosa, komponen utama produksi kertas.

7. Kayu yang Paling Mendekati Sempurna

Mengapa dikatakan kayu meranti ini memiliki beberapa khasiat, antara lain pohon yang terbuat dari kayu meranti dengan batang berbentuk silinder bulat dan tinggi total 40 sampai 50 meter.

Kulit kayu meranti pipih atau berlekuk-lekuk, dalam atau dangkal, abu-abu kecoklatan, batang lurus, diameter besar, bebas simpul, cacat simpul minimal dimana kayu meranti mempunyai kemampuan untuk memangkas: yaitu lepasnya ranting alami mandiri pada kayu kaya adalah manfaat dan keuntungan.

Apakah teman mengetahui apa itu plywood? Yuk klik tautan tersebut untuk mengetahuinya lebih lanjut. Disini kita juga jual plywood solo dengan harga yang cukup bersahabat dengan kantong Anda.