Manfaat Bahasa Asing: Liburan Asik hingga Kerja di Luar Negeri

Banyak hal positif yang Anda bisa dapatkan dari globalisasi, di mana negara hidup berdampingan dan saling bergantung satu sama lain. Namun untuk merasakan dampak positif tersebut, hal utama yang harus Anda kuasai adalah bahasa asing. Dalam artikel ini, akan dijelaskan beberapa manfaat bahasa asing. Sehingga Anda tidak perlu ragu lagi untuk belajar bahasa, misalnya mengambil kursus mandarin atau bahasa lainnya.

1. Mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri

kursus bahasa mandarin

kursus bahasa mandarin

Manfaat bahasa asing pertama adalah Anda bisa dengan mudah mendapatkan beasiswa untuk kuliah di luar negeri. Dengan kuliah di luar negeri, Anda akan mendapatkan sudut pandang baru dan pengalaman menarik dari masyarakat yang berbeda budayanya. Tidak perlu khawatir dengan tingginya biaya kuliah dan biaya hidup sehari-hari karena ada beasiswa.

Saat ini banyak banyak kesempatan kuliah di luar negeri dengan beasiswa, baik dari pemerintah Indonesia, pemerintah negara tujuan, maupun dari kampus tujuan. Namun satu hal yang harus Anda ingat, kemampuan bahasa asing adalah satu syarat umum dan penting ketika Anda mengajukan permohonan beasiswa.

2. Meningkatkan kemampuan otak

Menguasai lebih dari satu bahasa dapat meningkatkan kemampuan kognitif Anda seperti kemampuan menyelesaikan masalah, berpikir kritis, dapat mengerjakan banyak pekerjaan dalam waktu yang sama, dan masih banyak lagi. 

Bahkan, sebuah penelitian mengatakan bahwa manfaat bahasa kedua (second language) adalah meningkatkan kemampuan untuk memutuskan suatu masalah dengan objektif. Kemampuan ini membuat Anda semakin mampu bersaing dengan sumber daya manusia (SDM) dari berbagai negara.

3. Kesempatan berkarir yang semakin luas

Manfaat bahasa yang ketiga adalah meluasnya kesempatan berkarir. Terlebih untuk perusahaan besar, biasanya mereka membutuhkan orang-orang yang mampu berbahasa asing. 

Salah satunya adalah bahasa mandarin, mengingat besarnya kesempatan kerjasama antara perusahaan dalam negeri dengan perusahaan di Tiongkok. Oleh karenanya, tidak ada salahnya Anda mengambil kursus mandarin online di sela kesibukan saat ini.

Tidak hanya bekerja di dalam negeri, Anda juga bisa mendapatkan penawaran untuk kerja di luar negeri jika menguasai bahasa asing dengan baik. Saat ini semakin banyak perusahaan yang terbuka untuk menerima pekerja asing, terlebih peraturan pemerintah setempat yang semakin memungkinkan hal tersebut.

4. Mudah untuk terkoneksi

Selanjutnya, dengan bahasa asing Anda akan mudah untuk terkoneksi dengan banyak orang dari berbagai belahan dunia. Terlebih jika Anda menguasai bahasa asing yang memiliki banyak penutur, seperti bahasa Inggris, bahasa Mandarin, bahasa Spanyol, dan bahasa Prancis. 

Anda akan benar-benar merasakan manfaat bahasa tersebut. Memiliki banyak koneksi dari luar negeri akan membuat Anda bisa belajar banyak hal baru dari mereka. 

Koneksi juga bisa banyak membuka banyak kesempatan baru yang mungkin sebelumnya tidak Anda bayangkan, misalnya mendapat proyek atau kerja sampingan dari koneksi luar negeri Anda.

5. Liburan menjadi menyenangkan

Dengan berkembangya teknologi, Anda menjadi mudah mencari tahu tempat liburan yang bagus. Namun, memiliki liburan yang menyenangkan tidak hanya mengenai datang ke tempat wisata, berfoto, lalu pulang. 

Anda bisa memiliki pengalaman yang berbeda dan lebih dari itu jika menguasai bahasa asing atau bahasa lokal tempat tujuanmu berlibur. Berkenalan dan bercengkrama dengan warga lokal akan menambah wawasan mengenai budaya setempat. Menarik bukan manfaat bahasa asing?

Kesimpulan

Itulah beberapa manfaat bahasa asing jika Anda menguasainya.  Banyak kesempatan dan hal positif yang akan Anda dapatkan. Tidak ada kata terlambat untuk memulai belajar bahasa asing, namun waktu yang tepat adalah sekarang.