Kenalan Yuk dengan Obligasi Pemerintah yang Bisa Kamu Miliki Lewat digibank by DBS

Berinvestasilah mulai dari sekarang, jangan menunggu sampai kamu benar-benar pensiun untuk mulai berinvestasi. Walaupun memang tidak ada kata terlambat untuk memulai investasi, tetapi tentu hasilnya akan jauh berbeda dengan yang akan kamu capai bila melakukan investasi dari sekarang.

Ada banyak jenis investasi yang bisa kamu pilih, salah satunya adalah obligasi pemerintah atau yang biasa juga disebut dengan Surat Berharga Negara (SBN). Obligasi pemerintah adalah surat utang yang diterbitkan oleh Pemerintah Indonesia.

Obligasi milik pemerintah dibagi menjadi beberapa kelompok produk yaitu:

  • Berdasarkan underlying asset: Konvensional (SBR, ORI, FR, INDON) dan Syariah/Sukuk (ST, SR, INDOIS)
  • Berdasarkan pasar penjualannya: di Pasar Perdana (SBR, ORI, ST, SR) dan di Pasar Sekunder (FR, INDON, INDOIS)

Pasti kamu bertanya-tanya, apa sih perbedaan antara obligasi pasar perdana dan pasar sekunder?

Jadi, obligasi yang dijual di Pasar Perdana hanya dapat dibeli dalam periode waktu tertentu dan pembelian dilakukan dengan harga 100% sesuai yang ditawarkan kepada publik (Initial Public Offering atau IPO). Jangka waktu obligasi antara 2 atau 3 tahun dan beberapa produk tidak dapat diperjualbelikan kembali (SBR & ST).

Sedangkan obligasi yang dijual di Pasar Sekunder dapat dibeli kapan saja sebelum jatuh tempo, dapat diperjualbelikan kapan saja dan harga yang berlaku mengikuti harga pasar pada saat transaksi dilakukan. Jangka waktu obligasi antara 5 – 50 tahun.

Di digibank by DBS, kamu bisa melakukan investasi obligasi pemerintah melalui layanan 24 jam Aplikasi digibank by DBS. Caranya juga sangat mudah dan praktis. Kamu bahkan nggak perlu pergi ke mana-mana. Cukup siapkan smartphone dan jaringan internet, maka kamu sudah bisa registrasi, melakukan pembelian, dan menjual investasi obligasi SBN kamu dari Aplikasi digibank by DBS.

Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan berinvestasi obligasi pemerintah bersama digibank by DBS, yaitu:

  1. Investasi rendah resiko dengan keuntungan maksimal Ingin investasi dengan resiko rendah dan keuntungan relatif tinggi? Kamu bisa membeli Obligasi Negara yang memberikan bunga investasi lebih besar, sehingga kamu bisa mendapat tingkat keuntungan di atas deposito dan jaminan dari Pemerintah RI!
  2. Keuntungan cair setiap bulan Keuntungan investasi obligasi pemerintah cair dan dibayarkan di tanggal yang sama
  3. Tidak perlu ke kantor cabang Kamu cukup memantau semua prosesnya dari Aplikasi digibank by DBS. Tidak perlu bolak balik ke cabang untuk pemesanan Obligasi.
  4. Gratis. Kamu tidak perlu membayar biaya apapun saat melakukan pemesanan, registrasi, pembelian, dan penjualan SBN melalui Aplikasi digibank by DBS.
  5. Murah. Kamu bisa mulai investasi hanya dari nominal Rp 1 juta saja.

Nah, sekarang SBN makin mudah diakses dengan adanya layanan e-SBN Ritel Online. Layanan tersebut memungkinkan kamu untuk memesan, membayar, membuat single identification number (SID) yang dibutuhkan untuk mulai investasi, mengecek profil risiko, dan menjual surat berharga yang kamu miliki secara online.

Di mana pun lokasi kamu, kamu tinggal download atau login di Aplikasi digibank by DBS, isi data pribadi, dan kamu bisa lakukan pemesanan SBN. Mudah kan? Hal ini karena DBS Indonesia berkomitmen menghadirkan digibank sebagai digital banking terbaik. Jadi, sudah diberikan segala kemudahan tapi masih malas berinvestasi? Wah, jangan sampai deh!

Makanya, kamu nggak perlu menunggu lebih lama untuk berinvestasi. Kamu bisa lakukan detik ini juga, dengan mulai mengunduh Aplikasi digibank by DBS di App Store atau Google Play Store.