Kelebihan Dalam Penerapan Sistem Pembelajaran Secara Blended Learning

Blended learning adalah bentuk dari tren e-learning yang semakin populer di era digital, yang memadukan pengajaran tatap muka dengan jarak jauh. Hal tersebut disebabkan karena sistem pembelajaran dianggap lebih efektif jika dibandingkan dengan metode pembelajaran sebelumnya yaitu metode tatap muka. Berikut kelebihan menerapkan pembelajaran campuran.

Kelebihan Sistem Pembelajaran Secara Campuran

1. Lebih Hemat biaya dan waktu

Sistem pembelajaran dengan menggabungkan kelas tradisional dan jarak jauh ini dapat membantu siswa menghemat biaya transportasi. Pasalnya siswa setiap hari tidak perlu datang langsung ke sekolah sehingga ongkos yang dikeluarkan lebih sedikit. Selain itu, siswa juga dapat memanfaatkan waktu yang tersisa untuk melakukan aktivitas lain.

2. Memudahkan dalam beraktivitas

Sistem blended learning juga dapat memudahkan siswa mengatur waktu antara membantu orang tua, belajar, dan aktivitas lainnya. Siswa dapat tetap masuk kelas walau harus pergi ke luar kota. Sistem ini juga cocok bagi siswa yang memiliki kegiatan lain, seperti bekerja membantu orang tua. Siswa tidak perlu pergi ke sekolah saat pagi atau siang hari. 

3. Materi lebih beragam

Dengan menggabungkan dua metode belajar berarti menggunakan materi yang lebih beragam. Metode ini membuat guru dan siswa dapat belajar menggunakan materi selain buku, seperti video, e-book, dan podcast. Selain lebih menarik, siswa dan guru juga dapat sama-sama membuka wawasan dengan memanfaatkan materi yang lebih beragam ini.

4. Menyesuaikan dengan tingkat kenyamanan

Metode blended learning dapat membantu siswa menentukan posisi serta kondisi paling nyaman untuk belajar sehingga hasilnya lebih maksimal. Hal tersebut, dikarenakan sistem pembelajaran gabungan lebih fleksibel.

5. Sistem pendampingan lebih komplit oleh guru

Dalam sistem belajar tradisional atau tatap muka, siswa cenderung bisa cepat mendapat bimbingan dari guru ketika di kelas. Namun, tidak semua dapat mendatangi kelas fisik. Sebaliknya, kelas jarak jauh sering kali kurang mendukung untuk mendapat feedback langsung dari guru karena formatnya yang terdiri dari banyak layar.

Siswa yang tidak dapat mendatangi kelas fisik dapat melakukan hal yang sama jika menghadiri kelas online. Dengan kedua keunggulan ini, siswa dapat menyesuaikan daftar kelas dan strategi belajar mereka untuk mendapatkan hasil belajar yang lebih maksimal.

6. Lebih aman untuk kesehatan

Kondisi luar biasa seperti pandemi saat ini dapat membuat interaksi fisik lebih berisiko terutama bagi siswa dan guru dengan kondisi kesehatan tertentu. Sistem belajar ini dapat mengurangi risiko karena memangkas waktu belajar tatap muka.

Demikianlah beberapa kelebihan dari sistem pembelajaran penggabungan antara offline dan offline atau campuran. Ketika ingin mendaftar sekolah yang sudah menerapkan sistem pembelajaran campuran yaitu Sekolah Murid Merdeka. Selain itu tenaga pengajar disini juga berkualitas. Yuk segera daftarkan putra-putri kesayangan anda di Sekolah Murid Merdeka