Penting, Kamu Harus Tau Jenis- jenis ATM dan Jaringannya

Banyak orang mengatakan bahwa kartu ATM cukup dengan ATM. Keduanya padahal berbeda. ATM adalah singkatan dari Anjungan Tunai Mandiri. Sedangkan kartu ATM adalah kartu debit yang digunakan di ATM. Buka rekening tabungan umumnya untuk mendapatkan fasilitas kartu.

Fungsinya untuk menarik uang tunai, transfer, pembayaran, dll. Semua transaksi ini tidak gratis. Namun, itu mengurangi keseimbangan. Jadi, nama aslinya adalah kartu debit (debit card). Tidak ada kartu kredit. Ini berbeda lagi.

Baca juga yuk mengenai obs studio pada tautan tersebut.

Selain ATM, kartu debit juga dapat digunakan di mesin EDC (Electronic Data Capture). Bagi yang belum tahu, alat geser kartu. Biasanya tersedia di kasir pedagang. Digunakan untuk pembayaran menggunakan kartu debit / kredit.

Jadi, jual beli tidak membutuhkan uang tunai. Kartu debit digunakan di ATM. Maka tidak mengherankan jika lebih dikenal dengan nama kartu ATM.

Bahkan ada yang menyebutnya ATM. Sedangkan nama mesinnya sudah ada sejak lama: mesin ATM (anjungan tunai mandiri?). Kami masih memanggil ATM untuk mesin ini. Setelah mengumpulkan infonya disana-sini, ternyata jenis kartu yang ada tidak hanya banyak. Mesinnya juga ya. Ada total empat. Persamaan dan perbedaan akan dijelaskan di bawah ini.

1. ATM Tarik Tunai

Tipe umum, umum, dan mudah ditemukan. Tak lupa kota-kota besar, desa-desa bertebaran dimana-mana. Seperti namanya, ATM jenis ini memang untuk pembuangan tunai. Jika Anda perlu menarik uang dari akun Anda, Anda tidak perlu membicarakannya dengan teller.

Cukup gunakan ATM kapan saja selama 24 jam. Kalaupun nama tunai ditarik, ATM jenis ini bisa dipercaya untuk transaksi lain. Ini termasuk memeriksa saldo, transfer, melihat akun / riwayat akun, pembelian, pembayaran, pendaftaran e-banking, dan banyak lagi.

2. ATM non tunai

Saya punya masalah menulis: Non Tunai atau Non Tunai. Oya, sudah jelas ATM jenis ini tidak cocok untuk penarikan uang. Namun, Anda dapat melakukan transaksi lain yang sudah disebutkan di nomor satu di atas.

3. ATM Setor Tarik Tunai

Kekurangan dari ATM jenis ketiga ini adalah uang yang sudah Anda setorkan tidak bisa ditarik secara tunai seperti ATM pertama. Untuk mencapai ini, jenis ATM keempat muncul. Ini bisa multifungsi karena bisa melakukan semua fungsi gabungan dari tiga fungsi.

Jaringan kartu debit GPN, Mastercard, dan Visa

Lihatlah bagian depan kartu Anda. Di kanan bawah adalah logo. Kalau bukan Mastercard atau Visa, biasanya GPN. Ketika akhirnya lebih besar. Ada Maestro, Cirrus, ATM Bersama, Prima, Link, Alto, dan logo bank yang mengeluarkan kartu itu sendiri. Logo tersebut membuat kartu debit dapat digunakan di mesin EDC dan ATM lintas bank. Tidak harus sama. Misal kartu BCA Anda, tidak masalah jika Anda melakukan transaksi di mesin BRI, BNI, Mandiri, dll.

Bahkan Mastercard atau Visa dapat bekerja di bank asing di luar negeri. Namun, ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang Mastercard, Visa, dan GPN. Tidak hanya kelebihan dan kekurangan, tapi juga biaya. Perbedaan tarif untuk ketiganya cukup signifikan.

1. Kartu debit Mastercard dan Visa

Anda dapat membayar dengan kartu debit di merchant yang menyediakan mesin EDC. Cukup geser dan masukkan PIN atau tanda tangan Anda. Selanjutnya, saldo akan dipotong sesuai harga + biaya ‘transaksi’. Seperti kartu. Mesin EDC juga diterbitkan oleh bank.

Lalu ada mesin BCA, BNI, BRI, EDC Mandiri, dll. Biaya transaksi di atas akan lebih rendah ketika kartu digesek di mesin EDC bank yang sama. Bahkan bisa gratis. Sedangkan jika berbagai bank dikenakan biaya yang lebih tinggi. Intinya adalah bahwa kartu lintas bank berfungsi karena kartu EDC dan mesin memiliki logo Mastercard.

Bagi yang belum tahu, penyedia layanan transfer dana elektronik. Juga perusahaan multinasional. Layanan ini mencakup lebih dari 200 negara di dunia. Itu ada di mesin EDC. Bagaimana dengan ATM? Ingatlah bahwa Mastercard memiliki anak perusahaan bernama Maestro dan Cirrus. Logo tersebut ditempelkan di bagian belakang kartu dan ATM.

Jadi, kartu tersebut dapat digunakan secara otomatis di ATM mana pun di negara mana pun, jika berlogo. Selain Mastercard, ada provider lain yaitu Visa. Fungsinya tidak bisa dibedakan dan kompetitif. Selain itu, keduanya Amerika Serikat. Bagaimana indonesia Kami memiliki GPN yang dirilis pada 2017 kemarin. Sedangkan jaringan antar ATM meliputi ATM Bersama, Prima, Link, dan Alto.

2. Kartu debit berlogo GPN

GPN adalah singkatan dari National Payment Gateway. Sistem ini diluncurkan pada 4 Desember 2017. Di kartu tersebut, terdapat logo yang terpampang di kanan bawah. Untuk merepresentasikan Indonesia, desain GPN berupa gambar burung Garuda dengan warna merah atau putih. Fungsi GPN mirip dengan Mastercard dan Visa. Sebaliknya, rute transaksi elektronik pada kartu Mastercard dan Visa diproses di luar negeri. Sedangkan GPN tidak.

Dengan demikian biaya transaksi dan pajak tidak “terbuka” untuk negara di sana. Untuk mengatasi masalah tersebut, GPN bekerja sama dengan empat jaringan antar ATM sekaligus. Yaitu ATM Together, Prima, Link, dan Alto. Kartu tersebut harus memiliki setidaknya dua sakelar. Dengan demikian, ini masih dapat digunakan bahkan di mesin EDC / ATM bank lain.

Lebih baik pilih GPN, Mastercard, atau Visa?

GPN, Mastercard, dan Visa semuanya memiliki fungsi yang sama: sistem yang mengirim transfer dana elektronik. Namun, ketiganya memiliki perbedaan, kelebihan dan kekurangan. Sehingga orang yang kurang paham akan kebingungan saat disuruh memilih.

Untungnya, saat membuat akun dan kartu debit, Anda hanya perlu menentukan jenis / warna kartu (perak / biru, emas, platinum, dll.). Layanan pelanggan tidak bertanya tentang berpindah operator. Sekarang, biasanya pilih GPN.

Perhatikan bahwa kartu debit GPN dikenakan biaya administrasi dan biaya transaksi yang lebih rendah. Namun, belum digunakan di luar negeri. Ini karena jangkauan jaringan layanan GPN tidak seluas Mastercard atau Visa yang ada di seluruh dunia.

Jadi, jika kebutuhan transaksi Anda hanya di Indonesia, buatlah kartu ATM GPN. Namun, jika Anda sering ke luar negeri dan membutuhkan kartu kerja di sana, lebih baik pilih Mastercard atau Visa. Namun, ada panggilan untuk orang yang memiliki banyak kartu. Mereka diharuskan memiliki setidaknya satu kartu GPN.

Cari info seputar m-bca bagi kamu yang ingin membaca sebuah tips perbankan.