Jangan Diabaikan Inilah Cara Merawat Luka Jahitan Sesudah Melahirkan Normal

Jasa Perawatan Pasca Melahirkan – Mam perlu tahu langkah menjaga cedera jahitan sesudah melahirkan normal, khususnya saat dokter lakukan tindak klinis episiotomi saat persalinan normal.

Episiotomi membuat pembukaan vagina sedikit lebih lebar, memungkinkannya bayi melaluinya lebih gampang.

Terkadang perineum wanita dapat robek saat bayi keluar. Dengan episiotomi, bisa menolong menahan robekan yang kronis atau percepat kelahiran bila bayi perlu dilahirkan secara cepat.

 Jangan Diabaikan Inilah Cara Merawat Luka Jahitan Sesudah Melahirkan Normal

Harus dipahami, jika sejumlah besar wanita dengan cedera jahitan melahirkan normal akan pulih tanpa permasalahan, walau kemungkinan memerlukan waktu beberapa minggu.

Disamping itu, jahitan episiotomi tak perlu dilepaskan, karena badan akan meresap sendirinya. Mam bisa balik ke rutinitas normal saat berasa siap.

Minimal nantikan 6 minggu saat sebelum beraktivitas seperti memakai tampon, berhubungan seksual, dan rutinitas yang lain bisa menghancurkan (merusak) jahitan.

Lalu, seperti apakah langkah menjaga cedera jahitan sesudah melahirkan normal? Cari info selanjutnya pada artikel di bawah ini, Mam.

Cara Merawat Luka Jahitan Sesudah Melahirkan Normal

Mempunyai cedera jahitan selesai persalinan normal memerlukan perawatan yang lebih stabil dan kerap dibanding dengan cedera saat operasi sesar.

Sesudah persalinan sesar, biasanya jahitan cedera ditutup plester atau susunan tahan air untuk beberapa waktu. Tidak dibutuhkan perawatan harian. Sesudah persalinan sesar, jauhi angkat benda terlampau berat, karena bisa mengusik pengobatan cedera operasi.

Sedang, untuk cedera jahitan saat persalinan normal (wilayah perineum), perlu perawatan cedera sehari-harinya, untuk menahan infeksi yang bisa mengusik proses pengobatan cedera.

Untuk hilangkan merasa sakit atau ketaknyamanan karena cedera jahitan melahirkan normal, ada banyak cara yang dapat dilaksanakan sebagai langkah menjaga cedera jahitan sesudah melahirkan normal. Baca selanjutnya penuturannya di bawah ini.

1. Menjaga Kebersihan Luka Jahitan Perineum

Langkah menjaga cedera jahitan sesudah melahirkan normal pada bagian perineum saat persalinan dapat dengan memakai maternity pad/sanitary pad yang ditukar tiap 3-4 jam.

Ini karena pendarahan sesudah persalinan normal serupa dengan pendarahan menstruasi.

Menjaga jahitan cedera pada perineum masih bersih dan kering dengan membersihkannya dengan teratur memakai air hangat untuk menahan infeksi. Membersihkan jahitan cedera setiap usai buang air kecil dan besar.

Berkaitan dengan mandi memakai air hangat, dr. Handojo menjelaskan tidak jadi masalah jika Mam ingin lakukan hal itu.

Ibu bisa mandi, dan diperbolehkan merendam atau membersihkan cederanya sama air hangat. Jahitan cedera diupayakan bersih dan kering sesudah mandi, atau merendam untuk menghindar infeksi yang bisa mengusik proses pengobatan cedera.

Tapi, penting dicatat jika selama saat nifas, karena saat melahirkan normal masih terjadi pendarahan, Mam seharusnya tidak lakukan aktivitas berenang untuk beberapa waktu.

2. Mengompresnya dengan Es atau Minum Obat Pereda Nyeri

Mam bisa minta perawat memakai es batu dan memakai kompres es di dalam 24 jam pertama sesudah kelahiran, untuk kurangi bengkak dan menolong menangani merasa sakit sebagai langkah menjaga cedera jahitan sesudah melahirkan normal.

Disamping itu, juga bisa dengan minum obat penurun ngilu, dan minum antibiotik bila diberi oleh dokter.

Bila ada ngilu pada jahitan, bisa dikompres es atau minum obat anti ngilu, apabila diberi antibiotik untuk menahan infeksi, seharusnya masih diminum sampai habis. Jahitan cedera akan tutup secara baik, dan benang jahitan akan terlepas sendiri seputar 2-3 minggu.

Jika Mam rasakan ngilu, lebam atau kemerahan pada cedera jahitan yang disebut tanda infeksi, selekasnya kontak dokter.

3. Melakukan Mandi Sitz

Mam bisa lakukan banyak hal-hal lain sebagai langkah menjaga cedera jahitan sesudah melahirkan normal dan percepat proses pengobatannya, diantaranya lakukan mandi sitz.

Mandi sitz ialah mandi therapy hangat yang dipakai untuk mengobati dan bersihkan tempat di seputar perineum (ruangan di antara alat kelamin dan anus).

Mandi sitz bisa dilaksanakan di bathtub, atau Mam bisa beli wastafel bulat dan dangkal yang cocok di atas dudukan toilet standard. Ingat, nantikan sampai 24 jam sesudah melahirkan untuk dapat mandi sitz.

4. Konsumsi Sayur untuk Cegah Sembelit

Mengambil pelunak feses dan banyak minum air putih sebagai langkah untuk menahan sembelit. Dianjurkan Mam konsumsi banyak serat agar menolong kelancaran bab.

Untuk menahan sembelit perlu memperhatikan konsumsi makanan, terhitung konsumsi makanan tinggi serat, minum air putih, dan buah-buahan.

Konsumsi makanan tinggi serat bisa juga jadi langkah menjaga cedera jahitan sesudah melahirkan normal.

5. Lakukan Latihan Kegel

Latihan Kegel perlu dikerjakan untuk perkuat otot-otot dasar panggul, yang menyokong kandungan, kandungan kemih, usus kecil dan dubur.

Ada beberapa factor yang bisa lemahkan otot-otot dasar panggul, terhitung kehamilan, persalinan, pembandinghan, penuaan, penekanan yang terlalu berlebih karena konstipasi atau batuk akut, dan berat badan yang berlebih.

Mam dapat jadikan latihan Kegel sisi dari kegiatan rutin harian. Latihan ini dilaksanakan dimana dan kapan saja, baik itu saat sedang duduk atau santai di sofa.

Nach, itu cara-cara menjaga cedera jahitan sesudah melahirkan normal. Ingat Mam, selalu lihat kebersihan cedera jahitan supaya cepat pulih, ya!

Informasi Lainnya : Paket Setelah Melahirkan.