Harga Alarm Kebakaran Otomatis dan Penjelasannya

Penggunaan fire alarm akan banyak membantu jika Anda mempunyai aset yang berharga atau sebuah gedung perkantoran. Alat ini bisa memberi tahu lebih dini adanya potensi kebakaran yang muncul di sebuah ruangan. Jadi dengan lebih dini Anda bisa melakukan evakuasi dan menyelamatkan barang-barang berharga.

Nah, untuk diketahui fire alarm system dapat diaktifkan secara otomatis (melalui detector) atau secara manual (melalui Manual Call Point). Alarm kebakaran otomatis adalah yang paling banyak digunakan. Alat jenis ini mencakup smoke detector, heat detector, flame detector, fix temperature, dan gas detector.

Harga Alarm Kebakaran Otomatis

Nah, sebelum membeli ada kalanya Anda harus memahami satu per satu apa penjelasan dan harga alarm kebakaran otomatis.

  • Heat Detector

Alat ini berfungsi untuk mendeteksi kenaikan panas. Jenis ini selain paling klasik dan populer. Area deteksi sensor mencapai 50 m untuk ketinggian 4 m. Detektor ini banyak digunakan karena kemampuannya mendeteksi kenaikan hembusan panas. Secara umum heat detector sudah berbunyi apabila suhu ruangan mencapai 55 C- 63 C.

Dengan cara ini diharapkan kebakaran bisa segera diatasi sebelum menyebar ke ruangan atau gedung lain. Untuk harga alarm kebakaran otomatis ini berkisar Rp 300 ribu sampai Rp 1 juta-an.

  • Fix Temperature

Fix temperature sebetulnya nggak jauh beda dengan heat detector. Hanya fix detector sensitivitasnya lebih tinggi daripada heat detector. Itulah mengapa alat ini cocok digunakan di dapur, bengkel las, basement, ruang genset bahkan gudang dengan atap asbes.

Dengan fix temperature di tempat-tempat itu meminimalisir adanya false alarm. Kisaran harga alarm kebakaran otomatis ini antara Rp 100 ribu sampai Rp 500 ribu.

  • Smoke Detector

Sesuai namanya alat ini untuk mendeteksi asap. Apabila kepadatan asap sudah melewati batas maksimal, maka rangkaian elektronik yang ada di dalamnya akn mengaktifkan alarm. Area proteksinya mencapai 150 m untuk ketinggian penempatan sekitar 4 m.

https://mabruka.co.id/blog/2020/04/15/instalasi-fire-alarm/

Ada beberapa jenis smoke detector antara lain seperti Ionisation Smoke Detector, Photoelectric, Projected Beam, Aspirating, yang terakhir adalah video. Harga alarm kebakaran otomatis ini berkisar Rp 200 ribu sampai Rp 1 juta.

  • Flame Detector

Untuk fire alarm ini berguna untuk mendeteksi adanya radiasi terhadap sinar ultraviolet yang ditimbulkan oleh nyala api. Detektor ini akan sensitif terhadap infra merah, lampu ruangan atau sumber cahaya lain yang tidak dari nyala api.

Disarankan untuk ditempatkan pada lokasi yang sekiranya bebas dari objek yang menghalangi. Tidak dekat dengan lampu mercury, halogen dan lampu sterilisasi. Tidak disarankan juga untuk ruangan yang rentan terhadap percikan api. Harga alarm kebakaran otomatis  ini antara Rp 500 ribu sampai Rp 10 juta.

  • Gas Detector

Fire alarm ini berfungsi untuk mendeteksi kebocoran gas. Penempatannya memang ada ruangan yang punya potensi memunculkan gas rentan terbakar seperti LPG dan LNG.