Hal Yang Perlu Dipahami Jika Ingin Lolos Program Kartu Prakerja

Cara Cek Prakerja, Segera Dapatkan Pengumuman Terbarunya

Program Kartu Prakerja merupakan salah satu program dari pemerintah untuk pengembangan kompetensi lingkup kerja masyarakat sehingga lebih ditujukan untuk para pencari kerja di Indonesia. Prakerja diperuntukkan juga untuk para pekerja atau buruh yang mengalmai pemutusan hubungan kerja, termasuk juga pekerja yang butuh peningkatan kompetensi, cara cek prakerja dan proses di dalamnya juga cukup mudah dilakukan.

Agar bisa lolos program prakerja, lebih baik pahami beberapa hal di bawah ini.

Pahami lebih dahulu setiap syarat yang ada

Syarat prakerja mulai dari harus WNI dengan usia lebih dari 18 tahun. Syarat lainnya yaitu tidak menempuh pendidikan yang formal, saat ini sedang mencari pekerjaan, merupakan pekerja yang kena PHK, termasuk buruh yang butuh kompetensi kerja lebih tinggi.

Syarat lain yaitu bukan merupakan penerima bansos lainnya selama masa pandemi. Pejabat Negara tidak bisa mendapatkan bantuan prakerja ini. Lalu syarat utama lain dari prakerja yaitu maksimal sebanyak 2 NIK saja pada 1 KK yang bisa menjadi menerima Kartu Prakerja ini.

 

Cari tahu langkah pendaftaran Kartu Prakerja

Langkah mendaftar prakerja tentu harus diperhatikan, pertama-tama bukalah laman dashboard situs yaitu prakerja.go.id. Selanjutnya input data seperti nama lengkap, kata sandi dan email.

Langkah selanjutnya pilih ‘Daftar’ dan lakukan verifikasi lewat notifikasi email. Kalau berhasil sudah terverifikasi, maka bisa lanjut dengan login memakai email dan kata sandi yang sudah didaftarkan.

Masuklah ke dashboard, lalu kemudian verifikasi data KK dan data KTP. Lanjutkan dengan melengkapi data diri lalu unggah foto swafoto dan foto KTP. Lanjut verifikasi telepon, dan pilih opsi ‘Kirim’.

Selanjutnya isi survei deklarasi dan terakhir bisa ikuti tes kemampuan dasar dan motivasi untuk mengikuti tahap seleksi gelombang yang dibuka dan tunggulah pengumuman hasilnya.

 

Memastikan nomor handphone dan email yang didaftarkan masih aktif

Syarat mendaftar prakerja yaitu menyiapkan nomor hp dan juga email, tetapi harus dipastikan keduanya masih aktif dipakai karena akan digunakan dalam proses program prakerja nantinya baik itu dari notifikasi pendaftaran, keberhasilan masuk gelombang dan lain sebagainya.

Ketika melakukan pendaftaran, harus dipastikan email beserta kata sandi diingat atau dicatat dengan baik. Verifikasi akun prakerja akan mengandalkan email, berbagai informasi seputar Kartu Prakerja juga bisa dipahami lewat SMS dan email.

 

Informasi data yang diinput saat melakukan pendaftaran harus berdasarkan data Dukcapil

Hal satu ini yang sering kali menjadi kendala saat ingin lolos dalam program prakerja yaitu sesuai atau tidaknya data yang kita punya dengan yang ada dalam sistem data Dukcapil. Kalian harus memastikan data diri yang dimasukkan saat mendaftar prakerja sesuai data resmi Dukcapil.

Perbedaan detail data bisa berbeda mulai dari pindah domisili, perubahan anggota keluarga dalam KK dan lain sebagainya. Kalau semisal datanya memang tak sesuai, maka calon peserta dapat menghubungi Dukcapil itu sendiri melalui nomor 1500537, atau SMS/ Whatsapp dengan nomor 08118005373.

Ada pun kontak email yang bisa dihubungi yaitu [email protected]. Cara lain yaitu dengan langsung mengunjungi kantor Dukcapil di lingkungan anda guna pengecekan lebih jelas.

 

Unggah foto dengan detail dan jelas

Pakai kamera ponsel ketika mengunggah KTP, jadi bukan mengambil foto dari galeri. Jika pendaftaran dilakukan memakai komputer, bisa lanjutkan pendaftaran lewat browser handphone. Lalu harus dipastikan wajah kita terlihat jelas ketika verifikasi wajah

Supaya sukses pada tahap ini, harus pastikan wajah kita terlihat jelas, caranya dengan memastikan pencahayaan cukup di sekitar saat swafoto.