Gambaran Singkat Peta Kode Pos

Di seluruh dunia, penggunaan peta kode pos telah menjadi cara yang diakui untuk mengirim surat melalui layanan pos. Kode pos memungkinkan stasiun pos di seluruh dunia untuk menggunakan pemindai dan mendistribusikan email ke lokasi yang menjangkau jauh dengan lebih efisien dan efektif.

Ada banyak jenis pemindai yang digunakan yang dirancang untuk kode pos. Beberapa scanner terpopuler membaca barcode yang mengarahkan mail berdasarkan kode yang telah ditempatkan pada label berisi data yang ditempelkan pada surat dengan label.

Pemindai lain dirancang untuk membaca huruf dan angka tulisan tangan saat huruf melewati mesin pemindai yang besar. Ketika tulisan tersebut tidak dapat dibaca oleh pemindai maka akan diteruskan ke manusia yang kemudian harus menempatkan surat tersebut di tas yang benar untuk ditransfer ke pusat distribusi surat terpusat.

Sebagian besar negara memiliki stasiun pos kecil di desa dan kota kecil tempat surat dikumpulkan dan didistribusikan untuk daerah itu. Namun, surat yang dikumpulkan akan ditransfer ke pusat pengumpulan besar di wilayah metropolitan utama di mana surat dari beberapa kota diurutkan dan dikemas untuk dikirim ke lokasi di seluruh dunia.

Mesin pemindai mungkin sangat besar dan diamankan ke lantai dengan beberapa konveyor penghubung rantai yang memindahkan email ke mesin. Setelah dipindai, surat ditransfer ke tas untuk distribusi lokal, distribusi nasional, atau distribusi internasional. Departemen yang harus menyortir surat secara manual sering menggunakan pemindai kecil yang mencatat huruf dan angka yang telah ditulis. Gambar yang dipindai dimasukkan ke dalam memori pusat mesin pemindai utama dan ketika jenis tulisan itu ditemukan di amplop lain, pemindai dapat menerjemahkan tulisan tersebut ke dalam kode batang yang sesuai.

Banyak orang menemukan bahwa ketika mereka memasukkan kode pos yang salah pada surat atau parsel, itu dikirim ke luar negeri meskipun alamat tulisan tangannya benar. Ini karena sangat sedikit huruf dan parsel yang dilihat atau dipindai oleh manusia.

Mesin pemindai yang digunakan memiliki kecerdasan lokasi global di hard drive tempat semua email didistribusikan. Dalam beberapa kasus pemindai akan membaca satu alih-alih tujuh ketika pemindai dan surat atau parsel akan dikirim ke lokasi yang ditunjukkan oleh peta kode pos menjadi yang terdekat dengan nomor itu.

Jika seseorang tidak yakin dengan kode yang benar untuk digunakan pada surat atau parsel, mereka sering kali bisa mendapatkan peta kode pos lokal atau pemerintah yang memiliki rincian negara dan kode posnya. Banyak negara besar yang memiliki beberapa kode untuk wilayah tertentu memanfaatkan beberapa peta untuk wilayah tersebut.

Karena semakin banyak catatan elektronik yang distandarisasi dan catatan disimpan di lokasi terpusat, penggunaan peta kode pos menjadi bagian penting dari proses pengorganisasian catatan secara elektronik. Menggunakan kode pos untuk mengurutkan klien dan pelanggan menurut kota atau kawasan memudahkan untuk menemukan catatan untuk individu.

 

Sumber Artikel:  Kode POS