Contoh Public Speaking dan Cara Melakukannya

Ingin melakukan public speaking namun masih belum paham bagaimana caranya? Pahami teknis dan contohnya dibawah ini.

Public speaking menjadi salah satu skill yang dibutuhkan di masa kini. Skill ini akan membantu Anda untuk berkomunikasi dengan orang lain, baik dalam jumlah besar atau kecil. Orang yang memiliki kemampuan dan skill ini, biasanya bisa dengan mudah untuk menarik minat orang lain dalam presentasi yang dilakukan.

Jenis Jenis Public Speaking

Ada beberapa contoh dari model pembicaraan public yang saat ini sering digunakan. Anda bisa memilih salah satu yang sekiranya sesuai dengan kepribadian yang Anda miliki.

  • Ceremonial Speaking

Untuk jenis ini, pembicaraan public yang dilakukan berlangsung secara seremoni. Biasanya merupakan pidato yang dilangsungkan di acara formal, bisa berupa peresmian ataupun peringatan hari besar. Kata dan tata bahasa yang digunakan juga resmi dan sesuai kaidah KBBI.

  • Demonstrative Speaking

Berikutnya adalah pembicaraan demosntratif, pembicaraan ini berupa pidato yang dilakukan dengan audiens yang besar. Tujuannya untuk menyampaikan informasi kepada orang lain dan mengajarkan audiens tentang sesuatu, bisa berupa tips ataupun teknik.

  • Informative Speaking

Berikutnya adalah contoh public speaking pembicaraan informative. Jenis ini biasanya berupa pembicaraan yang dilakukan secara public dan berpusat pada suatu peristiwa, proses atau keterangan tempat dan benda. Bisa juga merupakan pidato informative yang menjabarkan topik tertentu.

  • Persuasive Speaking

Terakhir adalah persuasive speaking, jenis ini lebih dikenal sebagai pembicaraan persuasi yang mengajak audiens untuk mengikuti campaign atau maksud tertentu. Biasanya menggunakan kalimat yang baik dan bertujuan mengubah opini pendengar mengenai suatu ide atau produk.

Tips untuk Public Speaking Pemula

Kadang untuk pemula melakukan pembicaraan public butuh nyali yang besar. Jika Anda masih gugup, cobalah untuk melakukan beberapa tips berikut ini.

  1. Atasi Gugup

Gugup ketika melakukan pembicaraan public merupakan hal yang wajar untuk dilakukan.. Gugup malah akan membuat pembicaraan public Anda tidak berjalan dengan lancar. Untuk mengatasi gugup, Anda bisa berlatih secara rutin atau menguasai topik yang ingin disampaikan.

  1. Buka Pembicaraan dengan Baik

Ketika hendak membuka pembicaraan, gunakan sapaan dan kata pembuka yang baik. Anda bisa membuka pembicaraan dengan mengucapkan salam, bisa juga dengan meminta izin untuk melakukan pidato. Cara lainnya adalah dengan memberikan penghormatan kepada pihak yang posisinya lebih tinggi.

  1. Persiapkan Diri dengan Baik

Selanjutnya adalah mempersiapkan diri dengan baik. Lakukan latihan secara rutin dan pastikan Anda menguasai materi yang hendak dibicarakan. Perbanyak referensi mengenai topik yang ingin Anda bahas, sehingga wawasan yang Anda miliki akan semakin luas.

Demikianlah keterangan dan informasi mengenai contoh public speaking dan bagaimana tips untuk melakukannya. Meski sederhana, namun tiga langkah diatas akan membantu Anda mendapatkan kemampuan pembicaraan public yang baik dibandingkan sebelumnya, selamat mencoba!