Cara Merawat Sistem Pencernaan dengan Mudah

Sistem pencernaan merupakan salah satu bagian penting dalam tubuh yang harus dijaga kesehatannya. Menjaga sistem ini dimulai dari menjaga setiap organ yang memiliki fungsi berkaitan dengan pencernaan. Bagaimana cara merawat sistem pencernaan dengan mudah?

Cara Merawat Sistem Pencernaan

Menjaga dan merawat sistem pencernaan penting untuk dilakukan dimulai dari jenis makanan yan gdikonsumsi dan kebiasaan buruk yang harus ditinggalkan. Salah satunya bisa dengan mengkonsumsi sereal umbi garut Nutriflakes. Selain berkhasiat, harga Nutriflakes pun sangat terjangkau di pasaran.

  1. Mengkonsumsi Makanan Alami

Maksud dari makanan alami artinya tidak mengalami pemrosesan atau diberi zat tambahan seperti gula, pengawet, maupun penambah rasa. Makanan alami dapat membantu  melindungi lambung dari berbagai jenis gangguan pencernaan.

  1. Mengkonsumsi Makanan Berserat

Makanan yang berserat dapat membantu menyehatkan organ usus. Serat juga dapat bermanfaat untuk melancarkan buang air besar serta mengurangi resiko penyakit seperti radang usus, sindrom iritasi usus besar, dan wasir.

Selain itu, asupan serat yang cukup di dalam tubuh juga dapat membantu menyeimbangkan jumlah bakteri usus. Anda dapat mengkonsumsi makanan berserat dari sayuran, biji-bijian, dan buah-buahan sebagai menu harian.

  1. Minum Air Putih

Mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup setiap hari yakni 2,5 – 3 liter dapat membantu melancarkan buang air besar. Air juga dapat memelihara organ pencernaan khususnya hati karena membantu membuang racun dan menghilangkan efek samping pengobatan.

Selain itu, dengan mengkonsumsi air putih dalam jumlah cukup setiap hari, maka dapat membantu menstabilkan kadar airan di dalam darah agar terhindar dari dehidrasi.

  1. Tidak Merokok

Agar pankreas tetap sehat, sebaiknya berhenti dari kebiasaan merokok. Karena orang yang merokok memiliki resiko lebih tinggi terkena pankreatisis atau peradangan pada organ pankreas yang sifatnya kronis atau akut.

Jika penyakit ini tidak segera ditangani, maka dikhawatirkan dpaat menimbulkan berbagai komplikasi seperti kekurangan gizi, infeksi, hingga kanker pankreas.

Cara terbaik untuk mencegah berbagai jenis gangguan pencernaan adalah dengan cara merawat sistem pencernaan melalui cara-cara di atas.