4 Cara Meningkatkan Peringkat SEO Anda dengan Google Analytics

onpage seo

4 Cara Meningkatkan Peringkat SEO Anda dengan Google Analytics

Apakah Anda ingin mengarahkan lalu lintas yang lebih bertarget ke situs web Anda dari mesin pencari? Untuk mendorong lebih banyak lalu lintas organik, Anda perlu menganalisis laporan SEO Anda dan mengoptimalkan situs web Anda untuk mesin pencari.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda 4 cara mudah untuk meningkatkan peringkat SEO Anda dengan Google Analytics.

  1. Lacak Demografi dan Minat Pengunjung Anda

Ingin mengetahui informasi tentang usia, jenis kelamin, dan minat pengunjung website Anda?

Mengumpulkan data demografi dan minat memungkinkan Anda mengetahui lebih banyak tentang pengunjung Anda, sehingga Anda dapat mengirimkan konten atau membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

MonsterInsights adalah plugin WordPress Analytics terbaik. Dapatkan secara gratis!

Meneliti laporan demografi dan minat memungkinkan Anda mengidentifikasi siapa pelanggan bernilai tinggi Anda.

Misalnya, jika Anda memiliki toko eCommerce , Anda mungkin ingin mengidentifikasi jenis pelanggan dengan rasio konversi atau pendapatan eCommerce tertinggi . Jika Anda seorang penerbit, Anda mungkin ingin mengidentifikasi jenis pengunjung yang memiliki keterlibatan tertinggi .

Setelah Anda mengidentifikasi grup pengguna bernilai tinggi, Anda dapat menargetkan grup tersebut untuk pemasaran dan kampanye pemasaran ulang untuk mendapatkan lebih banyak konversi dan ROI (laba atas investasi).

Cara terbaik untuk melihat data demografi dan minat situs WordPress Anda adalah dengan menggunakan MonsterInsights . Ini adalah plugin Google Analytics paling populer untuk WordPress.

MonsterInsights membantu Anda menambahkan Google Analytics ke situs WordPress Anda dengan mudah dan memungkinkan Anda untuk melihat semua data situs web terpenting Anda langsung di dasbor WordPress Anda , tanpa harus keluar dari situs Anda.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal Google Analytics di situs Anda dengan MonsterInsights. Setelah itu, Anda harus mengaktifkan pelacakan laporan demografi dan minat dari pengaturannya.

Setelah Anda selesai melakukannya, Anda dapat melihat data demografi dan minat situs Anda dengan membuka Wawasan »Laporan» Penerbit dari dasbor admin WordPress Anda.

Jika Anda ingin melihat laporan ini di platform Google Analytics, Anda dapat mengklik tombol ‘Lihat Laporan Lengkap’ di bagian bawah setiap laporan. Atau, Anda dapat masuk ke akun Google Analytics Anda dan membuka Audiens »Demografi» Ikhtisar .

Untuk mendapatkan laporan demografi rinci, Anda dapat mengklik menu Usia atau Jenis kelamin di bawah tab Demografi di taskbar kiri.

Untuk mendapatkan gambaran umum tentang data minat, Anda dapat mengunjungi Audiens »Minat» Ikhtisar .

Anda juga dapat menemukan laporan minat tertentu pada kategori afinitas, segmen dalam pemasaran, dan kategori lainnya dalam Google Analytics.

Jika tidak ingin repot optimasi website sendiri, bisa gunakan Jasa SEO Murah Jakarta untuk mempermudah semuanya. Bisa juga gunakan Jasa Backlink saja jika sudah melakukan Onpage dan Off-Page SEO.

  1. Pelacakan Google AMP

Google AMP menawarkan pengalaman penjelajahan super cepat bagi pengunjung seluler Anda yang tiba di situs Anda dari Google.

Studi menunjukkan bahwa 90% penerbit yang mengaktifkan AMP melihat rasio klik-tayang yang lebih tinggi dan 80% penerbit mendapatkan lebih banyak penayangan.

Jika Anda adalah penerbit yang ingin mengarahkan lebih banyak lalu lintas organik ke situs Anda, Anda mungkin ingin menambahkan Google AMP ke situs web Anda.

Untuk menganalisis interaksi pengguna di halaman AMP Anda, Anda perlu menambahkan pelacakan Google Analytics.

Menggunakan Kata Kunci untuk Mengoptimalkan Posting Blog Anda

Menyiapkan pelacakan Google Analytics di halaman Google AMP Anda bisa jadi rumit karena Anda harus mengubah kode pelacakan Google Analytics secara manual, dan terkadang perlu beberapa pemecahan masalah agar berfungsi dengan benar.

Untungnya, dengan addon AMP MonsterInsights , Anda dapat dengan mudah mengaktifkan pelacakan Google Analytics pada halaman AMP Anda hanya dengan beberapa klik mouse Anda, tidak perlu keahlian pengkodean.

Instal MonsterInsights AMP Addon

Jika Anda membutuhkan bantuan, baca panduan kami tentang  cara menambahkan Google Analytics ke halaman AMP .

Setelah penyiapan, Anda dapat menemukan data AMP dengan membuka Perilaku »Konten Situs» Semua Halaman di akun Google Analytics Anda. Ketik / amp di kotak pencarian di atas tabel untuk menemukan laporan traffic hanya untuk halaman AMP Anda.

  1. Lacak Kata Kunci Organik Anda dengan Google Search Console

Google Search Console adalah layanan gratis yang memungkinkan Anda memantau dan mempertahankan keberadaan situs Anda di hasil penelusuran Google.

Anda dapat menghubungkan akun Google Analytics Anda dengan Google Search Console, sehingga Anda tidak perlu lagi mengekspor data konsol pencarian Anda ke file spreadsheet untuk melakukan analisis lebih lanjut.

Untuk petunjuk mendetail, berikut ini panduan langkah demi langkah kami tentang cara mengonfigurasi situs WordPress Anda dengan Google Search Console .

Setelah proses penyiapan selesai, Anda dapat melihat kata kunci organik peringkat teratas situs web Anda dengan mengunjungi