BEGINI CARA PENGGUNAAN FURUDAN YANG TEPAT AGAR HASIL MAKSIMAL

Jual Furadan Insektisida-nematisida 3gr - 1kg Terbaru November 2021 harga  murah - kualitas terjamin | Blibli
                                                     source gambar : blibli.com

Furadan merupakan insektisida atau nematisida yang memiliki bahan aktif berupa karbofuran. Kandungan  karbofuran yang terdapat di dalam furadan yaitu sekitar 3%.

Banyak tanaman hias seperti keladi, anggrek, mawar, ataupun  aglonema yang sering sekali terserang oleh berbagai penyakit dan hama. ada berbagai jenis serangan penyakit dan hama yang biasa menyerang tanaman hias maupun tanaman perkebunan.

Diantaranya seperti semut belalang dan ulat yang memakan daun titik hama tersebut bisa menyebabkan tanaman hias menjadi rusak dan nilai estetika serta ekonominya menjadi turun. Bahkan efek yang paling buruk adalah jika lama-kelamaan dibiarkan maka akan mati. Furadan merupakan insektisida atau nematisida yang memiliki bahan aktif berupa karbofuran.

Kandungan  karbofuran yang terdapat di dalam furadan yaitu sekitar 3% dari kandungan keseluruhan komposisi bahannya. Furadan memiliki berbagai jenis bentuk ada pula yang dinamakan furadan 3 GR Yang memiliki bentuk seperti granul padat dan memiliki bentuk ke putihnya yang beda.  Furadan juga memiliki bentuk seperti tepung dimana padat dan halus.  Furadan merupakan salah satu produk dari fmc di mana sudah di produksi sejak tahun 2018.

Furadan memiliki sistem kerja seperti racun kontak lambung dan sistemik. Furadan  yang banyak beredar di masyarakat memiliki bentuk butiran berwarna ungu yang berfungsi untuk mengendalikan hama pada tanaman padi dan jagung. Sebenarnya furadan ini tidak hanya diperuntukan untuk tanaman padi dan jagung namun juga bisa untuk tanaman lain seperti tanaman cabai bahkan bisa juga untuk tanaman hias.

Banyak pula petani yang menggunakan  mengendalikan hama pada tanaman jagung maupun padi dengan menggunakan furadan ini. Adapun beberapa cara pengaplikasian furadan ini untuk tanaman padi atau tanaman jagung yaitu salah satunya dengan cara ditabur seperti pupuk tabur. Untuk tanaman padi sendiri pemberian furadan dilakukan dengan cara di tabur yaitu dengan mencampurkan  furadan dengan pupuk pertama.

Furadan ditabur  di sekitar tanaman. selain dengan cara di tabur penggunaan pupuk insektisida furadan ini juga bisa dilakukan dengan cara disemprot ke tanaman yang terinfeksi hama atau penyakit. Caranya yaitu dengan merendam terlebih dahulu  insektisida furadan di dalam air panas  selama beberapa waktu. Yaitu dengan masukan kan 5 liter air ke dalam jerigen dan campuran furadan sebanyak 2 kg.

Lalu diamkan furadan di dalam air panas selama semalaman atau 24 jam. Kemudian larutan gula dan siap untuk dipakai pada tanaman. Untuk dosis penggunaannya yaitu jika kita memakai tangki 16 liter maka kita bisa menggunakan furadan ini sekitar 30 mili hingga 50 mili. Proses penyemprotan furadan pada tanaman disarankan ditunjukkan kepada tanaman yang sudah memiliki umur tua atau tanaman yang memiliki hama yang sudah resisten atau sudah kebal.

Apabila kita menggunakan cara disemprot pada fase vegetatif pada usia tanaman yang masih muda maka kedepannya hama akan mudah kebal. Oleh karena itu penyemprotan furadan disarankan pada fase tanaman yang sudah memasuki generatif agar bisa memutus rantai hama dan penyakit yang sudah kebal.

Namun berbeda jika ingin memberikan furadan dengan cara di tabur, penaburan furadan ini dilakukan pada tanaman yang masuh berusia muda yang sudah terserang hama dan penyakit.

Sebab furadan merupakan bahan insektisida yang memiliki bahan karbofuran yang cukup tinggi sehingga bisa bersifat sebagai racun pada hama dan penyakit yang sudah mengebal. Bahkan racun dari furadan ini mampu bertahan selama 40 hari setelah masa penaburan atau penyemprotan kepada tanaman.