Bagaimana Mengukur Kepuasan Pelanggan

outdoor advertising tips

Bagaimana Mengukur Kepuasan Pelanggan

Ini Jumat malam dan Anda memutuskan untuk mengunjungi restoran baru yang direkomendasikan oleh seorang teman baik. Staf penuh perhatian, minuman dibuat dengan baik dan rumah istimewa meninggalkan Anda dengan palet yang menyenangkan dan perasaan puas di perut Anda. Anda meninggalkan restoran dengan puas dan berencana untuk kembali dalam beberapa minggu mendatang dengan sekelompok teman yang lebih besar.

Premisnya sederhana: pelanggan adalah inti bisnis Anda, tanpanya bisnis Anda tidak akan ada lagi. Kepuasan pelanggan adalah kekuatan darah bisnis Anda dan kontributor utama kesuksesan atau kegagalan akhir.

Mengapa Kepuasan Pelanggan Penting?

Anda mungkin secara intuitif tahu mengapa mengukur kepuasan pelanggan sangat penting untuk fungsi bisnis Anda, tetapi ada juga statistik yang mengejutkan untuk mendukung intuisi Anda.

Mendapatkan pelanggan baru membutuhkan biaya 7x lebih banyak daripada memasarkan ke pelanggan yang sudah ada. Ketika pelanggan Anda puas, mereka setia dan seringkali memberikan rujukan dari mulut ke mulut atas nama Anda. Berinvestasi dalam kepuasan pelanggan memberikan ROI yang lebih tinggi daripada akuisisi pelanggan baru.

Selain itu, 61% pelanggan akan membawa bisnis mereka ke pesaing Anda jika tidak puas dengan merek Anda; biaya rata-rata pelanggan yang hilang menurut data global adalah $ 243 . Tambahkan beberapa $ 243 bersama-sama dan kerugian benar-benar bertambah.

Meskipun pemantauan churn merupakan aspek penting dalam mengidentifikasi kepuasan pelanggan, akuisisi data pada tahap ini sudah terlambat dan tidak membantu pencegahan kerugian. Cara terbaik untuk memastikan retensi pelanggan adalah dengan terus memantau kepuasan pelanggan melalui survei sentimen.

Untuk anda yang ingin outdoor advertising, bisa gunakan neon box pekanbaru yang ditawarkan Riau Advertising.

Bagaimana Mengukur Kepuasan Pelanggan

Cara terbaik untuk mengidentifikasi kekusutan dalam sistem adalah dengan menargetkan sumber dan cukup: tanyakan. Survei adalah cara yang sangat efektif untuk mengukur kepuasan pelanggan di sepanjang perjalanan pelanggan, mengidentifikasi titik lemah, dan membuat rencana yang dapat ditindaklanjuti untuk selanjutnya.

Ada dua metrik utama untuk menilai sentimen kepuasan pelanggan Anda yang ada: Net Promoter Score (NPS) dan Customer Satisfaction Score (CSAT).

Net Promoter Score (NPS)

Net Promoter Score (NPS) secara khusus mengukur kemungkinan bahwa pelanggan lama akan mempromosikan bisnis Anda dari mulut ke mulut ke jaringan pribadi mereka.

NPS adalah survei sederhana yang berisi satu pertanyaan yang mudah diukur: pada skala 1-10 (1 kemungkinan besar tidak mungkin dan 10 sangat mungkin), seberapa besar kemungkinan Anda merekomendasikan merek (atau layanan) kita kepada teman?

Responden dibagi menjadi tiga kategori tanpa skala NPS:

Promotor (9 atau 10 pada skala NPS). Pelanggan ini setia dan cenderung membeli ulang. Promotor sangat antusias dengan merek Anda dan kemungkinan besar akan mempromosikan merek Anda ke jaringan mereka.

Pasif (7 atau 8 pada skala NPS). Konsumen pasif umumnya puas dengan pengalaman pelanggan mereka tetapi kurang antusias dengan merek Anda. Pasif dapat membeli kembali tetapi lebih berpikiran terbuka untuk pembelian kompetitif.

Pencela (0-6 pada skala NPS). Seorang pencela tidak senang dengan produk atau layanan Anda dan mungkin termotivasi untuk memberikan ulasan negatif secara online atau dari mulut ke mulut ke jaringan mereka.

Untuk menghitung NPS Anda, Anda harus mengurangi persentase pencela dari persentase promotor.

Skor Kepuasan Pelanggan (CSAT)

Skor Kepuasan Pelanggan (CSAT) digunakan untuk mengukur kepuasan pelanggan dengan interaksi bisnis tertentu. Metrik sentimen pelanggan tingkat atas ini memantau perjalanan pelanggan, mengidentifikasi titik-titik kesulitan dalam prosesnya. Survei CSAT didistribusikan pada titik kontak tertentu di sepanjang perjalanan pelanggan, dan karena kesederhanaan dan keringkasannya, mudah diterapkan di banyak tahap perjalanan.

Sentimen & Survei Crowdsourcing

Data sentimen berpotensi memberikan wawasan yang dapat ditindaklanjuti untuk bisnis Anda, terutama yang berkaitan dengan pengurangan churn dan peningkatan ROI. Untuk memastikan pengumpulan data relevan dan berharga, perlu dilakukan survei terhadap pelanggan secara terus menerus, yang membutuhkan banyak waktu dan energi untuk mengeksekusi dengan sukses.

Crowdsourcing data sentimen Anda adalah cara yang efisien untuk mengumpulkan data waktu nyata, akurat, dan dapat ditindaklanjuti dalam jaringan kontributor global yang siaga, siap untuk berkontribusi secara individu atau mewawancarai pelanggan atas nama merek Anda. Teknologi seluler memungkinkan hal ini, membuat survei kepuasan pelanggan semudah menekan tombol

Ukur Kepuasan Pelanggan dengan Premis

Teknologi crowdsourcing Premise menggunakan aplikasi seluler yang kuat dan inovatif untuk mengumpulkan data waktu nyata dari jaringan kontributor yang luas di seluruh dunia. Kontributor Lokal lokal ini memberikan perspektif unik dan tidak bias yang memungkinkan mereka mengumpulkan data yang sangat terperinci dan mengumpulkan wawasan konsumen dan kompetitif yang berharga di tingkat lokal.

Lihat juga konten lainnya, http://latansa.id/rumus-luas-dan-volume-tabung/

Sumber:

Optimasi Konten untuk meningkatkan kinerja SEO Website