Cara Bermain dan Aturan Permainan Monopoli Yang Wajib Diketahui

Permainan monopoli bukan lagi hal asing terutama bagi anak tahun 90an yang kala itu sempat viral. Permainan ini sebenarnya sederhana dan tidak terlalu sulit dimainkan. Bahkan, bisa dimainkan oleh siapa saja tanpa ada batasan usia. Namun, apakah Anda sudah mengetahui bagaimana cara bermain dan aturan permainan monopoli ini? Jima belum, mari bernostalgia mengenang aturan dan tata caranya berikut ini.

Tata Cara Bermain dan Aturan Permainan Monopoli

Permainan ini diawali dengan melempar dadu, siapa yang memiliki jumlah angka dadu paling besar maka akan bermain terlebih dahulu. Namun, untuk memainkan permainan ini, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui yakni:

  • Anda akan diberikan modal awal (setiap pemain mendapatkan jatah yang sama). Modal ini menggunakan uang di permainan monopoli. Biasanya sebanyak 200.000 dollar. Uang ini bisa anda gunakan membeli property di setiap pemberhentian dari kocokan dadu Anda. Atau, bisa juga digunakan untuk membayar denda jika berhenti di atas properti milik lawan.
  • Permainan akan dilanjutkan hingga salah satu dari pemain bangkrut dan salah satu lainnya mendapatkan uang terbanyak. Baik itu dari hadiah ataupun dari pemberian sewa setiap pemain yang berhenti pada properti miliknya.
  • Pemain yang secara berturut-turut mendapatkan angka dadu 6 maka akan berurusan dengan oenjara di lembaran monopoli tersebut.
  • Siapapun yang menyelesaikan lingkaran monopoli dan melewati garis start akan diberikan sejumlah uang lagi.
  • Harga sewa tanah kepemilikan yang dibeli oleh pemain akan berlipat ganda alias menjadi dua kali lipat jika memiliki salah satu kompleks. Biasanya property yang berada dalam satu kompleks memiliki jarak berdekatan dan warna yang sama. Investasi seperti ini tentu sangat menguntungkan selama permainan berlangsung.
  • Penjara tidak hanya berlaku bagi pemain yang mendapatkan hasil lempar dadu angka 6 sebanyak 3 kali saja. Penjara bisa terjadi ketika pemain berhenti di penjara atau mendapatkan perintah dari dana umum. Untuk keluar harus membayar denda atau memiliki kartu bebas penjara.

Jadi, ketahui terlebih dahulu tata cara dan peraturan permainan monopoli ini agar Anda bisa menikmatinya bersama teman-teman.