5 Tips Cara Bergaul dengan Pendirita Depresi

5 Tips Cara Bergaul dengan Pendirita Depresi

Setiap saat pendirta kondisi jiwa yang dinamakan dengan depresi ini jumalahanya semakin naik dan hampir terjadi disemua negara di Dunia.

Tingkat depresi yang tinggi ini menjadi sebuah masalah serius dan harus di cari tahu penyebab utamanya dan bagaimana menanganinya.

Karena depresi bisa jadi lebih berbahaya dengan penyakit kritis yang biaya pengobatanya sangat mahal dan harus mengandalkan asuransi kesehatan kalau tidak mau jatuh misakin secara dadakan.

Namun depresi raganya tidak sakit, yang sakit adalah hati dan otaknya atau singkatnya terjadi gangguan pada jiwa.

Kondisi akibat depresi paling buruk adalah tidak adanya semangat dalam menjalani hidup, sisa usia terasa sudah tidak berguna, dan penderita depresi ini banyak yang berakhir dengan tindakan nekat bunuh diri.

Maka dari itu peran lingkungan, keluarga teman dalam menggauli penderita depresi menjadi sebuah obat yang paling mujarab dalam membantu kesembuhan mereka, hatinya yang sakit maka tentu saja secara emosi juga cara terbaik dalam mengobatinya.

Jangan sampai anda jauhi mereka dalam kondisi apapun, rangkul mereka dan sayangi dia jangan sampai bosan.

Adapun beberapa cara bergaul yang tepat dengan mereka yang terkena depresi atau yang mengalami gejala mental illness adalah sebagai berikut:

1. Pahami gejalanya

Kita tidak bisa meminta orang yang sedang depresi menceritakan dengan jelas apa yang mereka rasakan. Karena untuk mikir saja sudah tidak mampu, bagaimana mereka bisa bercerita dengan baik terhadap apa yang mereka rasakan.

Maka sebagai orang dekat, cobalah perhatikan tingkahnya apakah dalam kondisi depresi karena sebab kejadian masa lalu, atau karena perbuatan yang ia lakukan dan tidak sempat ia meminta maff dan lain sebagainya.

Dengan mengetahui ini kita bisa memberikan jalan setidaknya menumbuhkan rasa percaya diri mereka kembali.

2. Berusaha selalu ada di dekatnya

Kemudian jangan sampai anda asingkan penderita depresi ini. Usahakan anda selalu ada meskipun dalam jarak yang berjauhan. Jangan biarkan mereka sendiri di kamar dalam waktu yang lama kondisi ini akan menambah tingkat depresinya semakin naik.

Biasanya orang yang depresi ini terkadang ingin mengatakan sesuatu namun terasa berat memang, saatnya anda pancing dia sesering mungkin bisa ngobrol dengan anda secara perlahan kondisi ini membuat hatinya semakin tenang.

Sesekali ingatkan dia dengan agama juga sangat bisa menolongnya karena sejatinya orang yang depresi ini bisa sembuh total kalau jiwanya sudah bisa di ketuk dengan perlahan.

3. Sesekali ajak dia beraktiftas layaknya orang normal

Ini penting sekali, anda bisa sesekali mengajaknya ikut jalan jalan pagi, kemudian mengajak dia liburan ke pantai berikan suasana yang tenang dan sunyi supaya dia bisa merenung sambil sesekali ajak dia berbicara perlahan.

Kondisi ini akan memberikan setidaknya suntikan motivasi untuk proses kesembuhanya secara perlahan intinya anda harus tahu jika depresi ini adalah penyakit bukan rasa malas malasan yang mereka ciptakan sendiri.

4. Jangan lupa gunakan psikiater dan obat lainya

Psikiater sesekali boleh anda datangkan, karena bagaimanapun juga seorang psikiater handal akan sangat paham sekali kondisi orang orang yang terkena gangguan jiwa ini seperti depresi.

Namun perlu anda pahami juga perhatikan tingkahnya jika sudah merasa tidak nyaman maka pengobatan jangan sampai anda paksakan karena depresi sejatinya kalau mendapatkan tekanan maka akan susah untuk sembuh.

5. Yang terakhir anda harus tetap wasapada

Ini juga tidak kalah penting sekali, orang depresi ini bisa jadi tiba tiba akan melakukan tindakan yang tidak pernah kita sadari karena dalam posisi puncak kondisi jiwa yang sangat terganggu. Bisa jadi ia melukai dirinya sendiri.

Dalam kondisi ini anda harus tetap wasapada menjaga keselamatan anda juga, jauhkan benda benda yang berbahaya dari orang yang depresi karena akan berakibat sangat fatal sekali.