5 Khasiat Daun Pandan Untuk Kesehatan.

Khasiat Daun Pandan Untuk Kesehatan – Pandan, siapa sih yang tidak tahu dengan tanaman harum satu ini. Pandan atau pandan wangi merupakan salah satu dari banyak tanaman yang dimanfaatkan bagian daunnya.

Yap, daun pandan memang sering kali dimanfaatkan oleh manusia, baik itu pada makanan, minuman hingga obat tradisional.

Pemanfaatan daun pandan terhadap makanan dan minuman, di karenakan tanaman satu ini memiliki aroma yang wangi serta warna hijaunya yang pekat.

Aroma wangi pada daun mampu menambah cita rasa makanan atau minuman, dan sedangkan warna hijaunya dapat membuat seseorang menjadi terhadap warna yang cantik pada setiap olahan.

Selain itu penggunaan warna hijau yang bersal dari daun pandan juga tidak memiliki efek samping dan justru mempunyai banyak manfaat.

Daun tanaman pandan juga diketahui mempunyai kemampuan dalam mengatasi beberapa masalah keseahtan loh, hal ini dikarenakan adanya beberapa senyawa pada daun tanaman yang bersifar antioksidan bagi tubuh.

Artikel lainya : Beberapa tanaman liar berkhasiat

1.Daun pandan mengobati demam.

Daun pandan mempunyai kemampuan untuk menagatasi infeksi yang terjadi di dalam tubuh, salah satunya yaitu demam, meriang dan ganguan pencernaan.

Nah jika kamu mempunyai tanda-tanda akan terserang demam cobalah untuk mengkonsumsi daun pandan untuk mengatasinya.

Caranya ambil beberapa lembar daun pandan segar kemudian blender hingga halus, beri sedikit air kemudian saring, setelah itu konsumsi satu hari sekali hingga demam sembuh.

2. Menstabilkan tekanan darah.

Kandungan zat besi dan antioksidan yang terdapat pada daun pandan mampu berguna untuk mestabilkan atau mengontrol tekanan darah ke seluruh tubuh.

Sehingga dengan lancarnya tekanan darah beberapa malasah seperti sakit kepala, kelelahan, lesu dan kecemasan dapat terhindarkan.

3. Mengatur gula darah.

Manfaat pertama yang bisa kamu dapatkan ialah daun pandan mampu mengontrol gula darah yang berlebihan. Menurut hasi daripada pengujian yang dikemukanan oleh jurnal Pharmacognosy Magazine bahwa ekstrak yang terkandung pada daun pandan mampu mengurangi kadar gula (glukosa) dalam darah.

4. Mengeluarkan racun.

Kebanyak orang memanfaatkan air kelapa muda dalam menetralisir racun dan zat-zat berbahaya yang masuk kedalam tubuh. Namun tahukah kamu bawhwa ternyata daun pandan juga bisa berkhasiat yang sama loh.

Daun pandan diklaim dapat membantu tubuh melakukan detoksifikasi, terutama dalam meningkatkan kinerja organ hati. Selain itu, kamu bisa mengunakan daun pandan sebagai obat pencahar ringan untuk anak-anak

5. Menjaga Kesehatan Rambut Kepala

Daun pandan juga bisa dimanfaatkan untuk merawat rambut loh, hal ini diketahui daun pandan mampu menghilangkan masalah ketombe serta mencegah rambut rontok.

Cukup dengan mengoleskan daun pandan yang telah halus ke rambut kepala kamu sebagai keramasan, tunggu sekitar 30 menit lalu bilas mengunakan air mengalir.

Nah itulah beberapa khasiat dari daun pandan untuk kesehatan. Kamu bisa mencoba membuat ramuan pandan sendiri dengan mudah dirumah.

Ref : healty99