TV pintar?? Apa itu Smart TV?

Apa itu smart TV? Anda sudah tahu? Perangkat TV pintar atau biasa disebut smart tv adalah suatu perangkat televisi yang memiliki kemampuan internet yang terintegrasi dengan set top box yang mana smart tv ini akan menawarkan berbagai kemampuan komputasi dan konektivitas yang lebih maju dari pada perangkat TV dasar yang kontemporer. Smart TV ini juga merupakan alat informasi dan sistem komputer yang berasal dari komputer genggam yang telah terintegrasi dengan unit televisi sehingga smart tv ini dapat digunakan oleh pengguna untuk memasukkan atau menginstal serta dapat menjalankan berbagai aplikasi dan juga dalat menjalankan aplikasi atau plugins atau addon yang lebih berkembanh dan terdepan dibandingkan dengan platform lain. Smart tv juga dapat menjalankan berbagai sistem operasi yang lengkap atau smart tv dapat dikatakan sebagai sitem operasi seluler yang dapat menyediakan platform untuk mengembangan berbagai aplikasi. 

Platform- platform atau middleware yang dimiliki oleh smart tv mempunyai kit pengembangan perangkat lunak atau kita sebut SDK publik atau kit pengembangan asli atau NDK yang dapat digunakan untuk sebuah aplikasi sehingga nantinya aplikasi tersebut dalat digunakan sebagai pengembang pihak ketiga untuk mengembangkan aplikasi tersebut dan juga untuk toko aplikasi sehingga nantinya pengguna akhir dapat menginstal atau menguninstal aplikasi tersebut secara mandiri. SDK publik milik smart tv ini memungkinkan perusahaan pihak ketiga dan para pengembang aplikasi interaktif yanh lain dapat meluliskan aplikasi tersebut sekali dan dapat melihat aplikasi tersebut berjalan dengan sukses pada berbagai perangkat yang mendukung platform dari smart tv tersebut atau perangkat middleware yang telah dibuat untuknya tanpa melihat siapa yang membuat perangkat kerasnya.

Smart tv ini menyediakan berbagai konten yang dapat menyambungkan ke berbagai konten yang dibuat oleh pengguna baik yang disimpan dalam hard drive eksternal ataupun yang disimpan dalam penyimpanan cloud. Selain itu juga mengubungkan ke aplikasi internet seperti you tube dan juga ke berbagai layanan interaktif lainnya. Beberapa perangkat menggunakan streamung adaptip HTTp live streaming yang biasa dikenak dengan sebutan HLS. Smart tv juga memfasilitasi pembuatan konten tradisional dengan menggabungkan informasi dari konten penyedia TV dan dari internet. Smart tv juga menawarkan kepada pengguna cara untuk melacak dan menerima pengingat tentang suatu acara seperti acara olahraga dan juga memberikan layanan untuk mengubah saluran menjadi saluran siaran langsung. Beberapa diantaranya juga menawarkan penampilan tambahan beruapa antarmuka pengguna untuk melihat navigasi dan interaksi yang lain di smart tv. Input gerakan spasial seperi xbox kinect atau pengenalan suara ayau antarmuka pengguna bahasa alami . smart tv juga mengembangkan fitur-fitur baru yang akan memuaskan para konsumen dan perusahaannya. Proses pembayaran baru dengan LG atau paymenrwall telah berkolaborasi untuk memberikan akses kepada konsumen mengenai aplikasi yang dapat dibeli, film, game, dan juga yang lain. Dapat menggunakan tablet, remote control, laptop, dan smartphone lainnya. Hal ini diperuntukkan untuk memudahkan konsumen untuk check out.

Teknoloogi dan perangkat lunak dari smart TV ini masih terus berkembang, saat ini smart tv sudah memiliki berbagai teknologi salah satunya berupa kerangka kerja perangkat lunak berpemilik dan open source. Smart tv dapat menjalankan aplikasi baik dari app store ataupun meallui media no demand interaktif dan komunikasi dipersonalisasi dan juga beberapa fitur jejaring sosial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *