Tips Memilih Obat Batuk Pilek Anak Yang Paling Aman

Ketika anak sedang mengalami sakit tentu orang tua pasti khawatir, apalagi saat terserang penyakit batuk pilek yang sangat mengganggu. Tentu anda akan cepat-cepat mencari obat yang bisa menyembuhkan penyakit tersebut. Mencari obat batuk pilek anak tidak boleh sembarangan, setidaknya pilih obat yang aman.

Apalagi anak yang masih balita tentu Anda harus memilihkan obat yang tidak hanya berfungsi untuk menyembuhkan tapi sekaligus menghindarkan anak dari virus yang bisa menyerang kapan saja. Simak berikut ini beberapa tips memilih obat batuk pilek anak yang paling aman.

  • Pilih Yang Sesuai Dengan Jenis Penyakit

Karena anak-anak sedang mengalami batuk pilek, maka pilih obat yang memang dikhususkan untuk penyakit tersebut. karena setiap jenis batuk bentuk punya penanganan dan obat yang berbeda pula. Jadi pastikan obat batuk yang Anda pilih sesuai dengan jenis penyakit batuk anak yaitu batuk pilek agar penyembuhannya juga tepat.

  • Pilih Yang Boleh Digunakan  Sesuai Usianya

Obat batuk pilek anak beredar sangat banyak di pasaran. Anda bisa memilih  obat yang memang sesuai dengan usia anak atau obat yang bisa digunakan untuk anak-anak dan dewasa. Perhatikan dosis obat yang bisa anda lihat pada kemasan. Namun biasanya obat batuk pada  bayi kebanyakan tidak disamakan dengan orang dewasa.

Hal ini karena jumlah  kandungan kimia di dalam obat batuk orang dewasa yang bisa digunakan anak-anak lebih tinggi dan tidak cocok untuk anak bayi.

  • Pilih Obat Batuk Pilek Berbentuk Sirup

Untuk bayi atau balita saat memilih obat batuk pilek anak sebaiknya gunakan dalam bentuk sirup. Obat dalam bentuk sirup lebih mudah diberikan kepada anak dibandingkan dengan bentuk tablet buyer ataupun pil. Apalagi biasanya sirup memiliki rasa yang manis dan beraneka ragam sehingga lebih mudah dikonsumsi oleh anak karena rasanya enak. Tentu berbeda dengan tablet atau pil yang cenderung pahit dan anak belum pintar untuk menelan obat secara langsung seperti orang dewasa.

  • Hindari Obat Yang Membuat Mengantuk

Para Ibu sebaiknya memilih obat batuk pilek anak yang tidak membuatnya mengantuk. Apalagi jika obat ini diberikan bayi dibawah 1 tahun karena sangat berbahaya bagi kesehatannya. Obat batuk yang mengandung obat tidur umumnya memiliki dosis yang tinggi. Jadi akan cukup berbahaya bagi ginjal si kecil apalagi jika tidak kuat menerima obat untuk tersebut.

Namun jika anak sudah mulai dewasa obat batuk yang memberikan efek samping mengantuk boleh saja digunakan. Karena biasanya efek mengantuk, membuat anak tertidur sehingga bisa lebih maksimal bekerja.

  • Baca Label Kemasan Secara Teliti

Sangat penting ketika memilih obat batuk pilek anak agar anda selalu membaca label kemasan dan ikuti petunjuk dengan teliti. Perhatikan juga efek samping yang tertulis pada informasi yang tertera di label. Berikan obat dengan kandungan zat aktif yang sesuai dengan gejala si kecil yaitu batuk pilek.

Anda juga tidak diperbolehkan memberikan anak obat tambahan berupa pereda nyeri kecuali ada petunjuk dari dokter. Apalagi untuk anak di bawah usia 2 tahun harus mendapatkan petunjuk khusus dari dokter anak. Anda juga tidak boleh memberikan dosis obat lebih sering dari yang tercantum pada kemasan. Hal ini bisa berdampak buruk pada si kecil karena terlalu banyak mengkonsumsi obat.

Demikian beberapa tips saat memilih obat batuk pilek anak. Anda bisa mendapatkan obat batuk pilek untuk anak dengan mudah hanya di aplikasi kesehatan Halodoc. Halodoc tidak hanya memberikan informasi kesehatan yang selalu di update setiap hari, tapi Anda juga bisa menemukan berbagai obat bebas yang dijual dengan atau tanpa resep dokter. Jadi segera kunjungi Halodoc melalui website atau aplikasi di smartphone anda.