Keunikan Burung Lovebird yang Jarang Diketahui Orang

Keunikan Burung Lovebird yang Jarang Diketahui Orang. Artikel ini dari Sudut Hewan yang merupakan portal informasi dunia binatang. Siapa yang tidak mengetahui burung kecil yang satu ini? Selain karena bentuknya yang imut dan lucu, burung yang termasuk ke dalam spesies agapornis ini hadir dengan beragam warna yang memukau hati. Bukan hanya itu, burung ini jika dilatih sejak kecil maka dapat sangat jinak dan patuh pada pemeliharanya. Hal inilah yang melatarbelakangi burung lovebird menjadi burung peliharaan idaman.

Bukan hanya itu saja, nama lovebird yang eksistensinya semakin meningkat ini ternyata mampu membuka peluang usaha bagi para pecinta burung. Hal ini bisa diketahui dengan munculnya para breeder loverbird yang semakin menjamur di Indonesia. Anakan burung ini biasa dijual dengan harga ratusan ribu saja. Meski begitu, burung lovebird dewasa bisa dihargai sampai milyaran rupiah jika sudah memiliki tumpukan penghargaan atau prestasi.

Oleh karena itu, untuk mengetahui keistimewaan lainnya dari burung ini, maka simaklah pembahasan tentang keunikan burung lovebird, diantarnya sebagai berikut:

Burung yang Setia

Sesuai dengan nama yang disandangnya, burung ini mempunyai perasaan cinta yang dalam terhadap pasangannya. Begitu menginjak usia 10 bulan, lovebird akan melewati masa puber. Setelah masa tersebut selesai maka lovebird akan memilih pasangannya. Ketika berhasil bertemu, maka ia akan selalu setia kepada pasangannya.

Burung yang Romantis

Keunikan burung lovebird bukan hanya setia, tetapi burung yang memiliki warna cantik ini juga memiliki sifat romantis. Jika kamu pernah menyuapi pasanganmu dengan makanan, maka burung ini juga dapat melakukan hal yang sama. Kebiasaan ini muncul ketika lovebird tidak bertemu pasangannya dalam kurun waktu yang lama. Hal ini dilakukan untuk merajut kembali ikatan yang dulu sempat terpisah agar menjadi satu lagi.

Spesies yang Beragam

Brung lovebird memang mempunyai jenis atau spesies yang beragam. Keberagaman tersebut memberikan keuntungan untuk para breeder agar tidak kehabisan opsi memilih dalam peliharaan baru mereka.

Mudah Beradaptasi

Selain memiliki warnanya memukau dan bentuknya yang lucu, keunikan burung lovebird lainnya adalah mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya. Hal ini dilatarbelakangi oleh sifat dari burung ini yang tidak mudah stres. Alhasil burung ini akan bisa merasa nyaman di manapun ia beradaa, bahkan di tempat barunya. Tidak heran jika lovebird sangat mudah dijinakkan, karena ini didasari oleh sifatnya yang mudah beradaptasi.

Berasal dari Afrika

Keunikan burung lovebird yang satu ini amat penting untuk diketahui. Apalagi bagi kamu yang tertarik menggeluti bisnis burung lovebird. Tentu kamu tidak ingin malu ketika ditanya asalnya tapi tidak tahu, kan? Burung lucu ini berasal dari hutan Afrika. Hal ini terbukti dari ditemukannya fosil lovebird spesies kuno di selatan Afrika. Tak tanggung-tanggung, fosil kuno tersebut berusia 1,9 juta tahun.

Hampir Punah

Mungkin keunikan burung lovebird yang satu ini lebih tepat disebut keprihatinan daripada keunikan. Akan tetapi, fakta yang satu ini juga perlu diketahui. Meskipun kelihatannya populasi burung ini aman-aman saja karena mudah dijumpai di toko-toko burung, akan tetapi rupanya burung ini masuk ke dalam kategori burung yang terancam punah.

Salah satu jenis yang hampir punah yaitu Lovebird Pipi Hitam yang berasal dari Zambia. Di mana spesies tersebut hanya berjumlah kurang lebih 10.000 ekor saja. Hal ini terjadi karena mengeringnya sumber air akibat perubahan iklim di Negara tersebut.

Itulah beberapa keunikan yang dimiliki oleh burung lovebird. Semoga dengan adanya artikel ini dapat semaakin menambah pengetahuan kamu tentang keunikan burung lovebird.