Inilah Keunggulan Pipa Air Panas Jenis PP-R Yang Perlu Dipahami

Sekarang ini banyak jenis pipa air dari berbagai brand yang diperlukan dalam rumah tangga. Untuk jenisnya sangat bervariasi tergantung kegunaannya. Misal untuk saluran air bersih, air pembuangan, dan air hujan maka diperlukan pipa dengan jenis  PVC.

Jenis ini pun memiliki variasi kelas. Contohnya untuk saluran air bersih yang didapat dari sumur dan sumber lainnya, diperlukan pipa PVC kelas AW. Karena kualitasnya jauh lebih bagus untuk menahan tekanan air. Bayangkan jika Anda menggunakan pipa air tidak berstandar food grade dan kualitas terbaik ? Tentu pasti akan berdampak pada saluran air dan airnya tidak layak konsumsi

Untuk saluran pembuangan air rumah tangga seperti yang diaplikasikan di kloset ataupun wastafel, diperlukan pipa PVC kelas D. Ada juga pipa PVC jenis C yang digunakan sebagai buangan air namun lebih sering digunakan sebagai pelindung kabel listrik. Sementara untuk saluran air panas atau dingin, diperlukan pipa jenis PP-R.

Sebenarnya tidak hanya PP-R yang dapat menahan perubahan suhu panas dan dingin, ada juga pipa jenis CPCV yang dapat digunakan. Meski sama-sama memiliki keunggulan dapat menahan perubahan suhu air, keduanya tetap memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Pipa air PP-R diproduksi  dengan material polypropylene randommemiliki keunggulan dapat menyalurkan air bersuhu tinggi dengan tekanan. Pipa ini sangat diandalkan di instalansi pasokan air karena proses perekatannya   menggunakan mesin peleburan panas sehingga dapat dipastikan kesempurnaan system segelnya.

Rucika sendiri memiliki produk pipa jenis PP-R yang istimewa yaitu PPRCT PN-22. Memiliki keunggulan dalam menjaga higienisnya air. Karena ketebalan dan terbuat dari bahan baku yang tidak mudah rusak meski digunakan sebagai saluran air panas bertekanan, namun tidak mengakibatkan racun yang berasal dari percampuran bahan kimia pada bahan material pipa. Jadi kebersihan dan kesehatan air panas tetap terjaga.

Pipa ini juga dapat digunakan dalam segala macam bangunan dan sudah memenuhi standard instalansi pipa untuk air minum. Karena pipa jenis ini memiliki tekstur yang lentur sehingga mampu bertahan terhadap resiko benturan seperti saat terjadi gempa. Karena itu kemungkinan kerusakan sangat minim sehingga awet hingga 50 tahun ke atas.

Keunggulan lain dari PPRCT milik rucika yaitu memiliki dinding yang tipis namun dalam hal kualitas, dan kekuatan yang dimilikinya sangat bagus meski ditekan dengan tekanan 22 bar sekalipun sehingga debit aliran tetap optimal.

Walaupun memiliki dinding yang tipis nan ringan, kemungkinan kebocoran juga sangat minim. Jadi PPRCT produksi Rucika Green sangat cocok untuk anda yang memerlukan pipa air panas untuk kebutuhan shower.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *