Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Penduduk Indonesia

Penduduk merupakan warga yang menetap di suatu negara dengan waktu yang cukup lama. Jumlah penduduk yang ada di suatu wilayah tentunya tidak tersebar secara merata. Sehingga sering kali terjadi padat penduduk. Indonesia menjadi salah satu negara yang terbilang padat penduduk. Dikatakan kepadatan penduduk bisa dilihat dari jumlah luas wilayah dengan banyaknya penduduk yang mendiami wilayah tersebut.

Pertumbuhan penduduk Indonesia terbilang sangat pesat. Setiap tahunnya jumlah penduduk di Indonesia selalu naik. Semakin meningkatnya jumlah penduduk ini berakibat pada kepadatan wilayah. Banyak negara yang mengalami kepadatan penduduk ini. Tentunya kepadatan penduduk ini berakibat cukup fatal jika dibiarkan begitu saja. Kini mulai banyak diperhatikan faktor – faktor yang mengakibatkan jumlah penduduk meningkat. Lalu apa saja faktor yang mampu mempengaruhi kepadatan penduduk ini?

Faktor pertama yang mempengaruhi jumlah penduduk adalah angka kelahiran. Dalam satu hari banyak anak dilahirkan sehingga mampu meningkatkan jumlah penduduk. Angka kelahiran ini semakin terdukung karena ada beberapa hal seperti di usia muda sudah menikah. Selain itu banyak anggapan bahwa banyak anak banyak rezeki.

Ada juga beberapa anggapan yang menyatakan jika belum mempunyai anak laki – laki maka harus mempunyai anak lagi. Anak laki – laki dianggap sebagai calon pewaris. Tentunya hal ini akan membuat jumlah kelahiran akan meningkat sangat tajam. Angka kelahiran ini harus ditekan agar jumlah penduduk tidak semakin banyak dan sesuai dengan luas wilayah yang ditempati. Pemerintah sendiri dalam mengurangi jumlah penduduk memberlakukan Keluarga Berencana (KB) sehingga bisa menekan laju pertumbuhan penduduk.

Faktor ke dua adalah kematian. Angka kematian ini bersifat mengurangi jumlah penduduk. Cara untuk mengetahui besarnya kematian hampir sama dengan menghitung angka kelahiran. Faktor angka kematian ini juga bisa berakibat pada perubahan pertumbuhan penduduk. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kematian. Seperti halnya faktor kesehatan, lingkungan hidup yang sehat, fasilitas kesehatan, dan masih ada banyak faktor lainnya. Angka kematian ini juga selalu dipantau agar bisa mengetahui jumlah penduduk sekarang. Kedua faktor antara kelahiran dan kematian tersebut menjadi dua faktor yang selalu rutin amati. Bagaimanapun juga laju pertumbuhan penduduk yang berlebihan akan berakibat tidak baik.

Kesenjangan ekonomi akan terjadi dan juga penduduk tidak bisa hidup dengan lebih sempurna. Ada banyak hal yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi pertumbuhan penduduk Indonesia. Termasuk dalam mengadakan kegiatan transmigrasi. Memindahkan penduduk ke tempat yang lebih luas dengan jumlah penduduk yang lebih sedikit. Hal ini bertujuan untuk membuat persebaran penduduk lebih merata. Tidak semua penduduk berada di Kota itulah tujuan dilakukan transmigrasi ini. Tidak hanya di Indonesia saja melainkan di berbagai negara lainnya yang sudah mempunyai jumlah penduduk terlalu banyak juga menerapkan beberapa hal yang sama untuk menguranginya. Langkah ini harus segera diambil agar bisa mengatasi berbagai hal buruk yang akan muncul.

Tentunya kawasan padat penduduk bisa berakibat tidak baik. Melalui kedua faktor antara kelahiran dan kematian ini, maka jumlah penduduk di suatu negara bisa diperhitungkan dengan lebih baik. Banyaknya faktor di kelahiran dan kematian bisa menjadi bahan acuan. Itulah faktor pertumbuhan penduduk yang perlu anda ketahui. Untuk saat ini setiap negara yang mempunyai jumlah penduduk banyak maka akan memperhitungkan antara angka kelahiran dan kematian demi mengetahui jumlah penduduk yang ada di negara tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *