Ciptakan Keseimbangan! Inilah Desain Interior Rumah Yin Yang yang Damai

Yin dan Yang merupakan konsep filsafat klasik Tionghoa yang biasanya akan digunakan untuk bisa menjelaskan sifat kekuatan yang saling berhubungan dan juga berlawanan. Yin dan Yang ini disimbolkan dengan lingkaran berwarna hitam dan putih dengan sebuah titik yang saling berhubungan. Secara sederhana untuk simbol ini bermakna bagaimana sesuatu itu bekerja.

Yin biasanya diilustrasikan oleh sisi hitam dan Yang merupakan sisi putih, dua buah sisi warna yang saling berlawanan. Sementara untuk titik kecil yang berwarna berbeda yang terdapat di masing-masing sisi. Hal ini menggambarkan sisi yang saling melengkapi satu dan yang lainnya.

Yin itu memiliki sifat yang dingin dan juga lemah sedangkan Yang bersifat panas dan juga kuat. Melalui sebuah perbedaan yang saling berlawanan tersebut, maka konsep ini mengajarkan Anda untuk selaras dan seimbang.

Konsep Yin Yang inipun mengalami perluasan makna dengan seiringnya waktu. Konsep ini mulai dikaitkan dengan sesuatu yang baik dan juga buruk. Perbedaan antara Yin dan Yang ini juga diartikan sebagai sebuah penyeimbang yang bisa melahirkan ide-ide baru.

Dalam dunia desain interior, maka konsep Yin dan Yang ini juga cukup akan memberikan pengaruh bagi para penghuni yang percaya akan penyeimbang dalam konsep tersebut. Penyeimbang tersebut diketahui terdiri dari 5 elemen alam, yaitu berupa tanah, api, air, logam dan kayu.

Meski begitu, disini Anda tidak perlu menggunakan kelima elemen tersebut. Anda cukup hanya menggunakan salah satu elemen saja, seperti halnya simbol warna ataupun tekstur yang dianggap telah menerapkan konsep Yin dan Yang.

Yin dalam suatu ruang itu memberikan sebuah energi yang tenang dan juga menjadi tempat untuk relaksasi. Nuansa Yin ini bisa diterapkan juga untuk kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga, dan kamar mandi. Sedangkan untuk Yang menunjukkan sebuah konsep ruangan yang aktif ataupun penuh dengan kegiatan, seperti halnya tempat bermain, dapur, ruang kerja ataupun juga dapur.

Berikut ada beberapa tampilan sebuah dekorasi ruangan yang telah menggunakan konsep Yin Yang.

Desain Interior Rumah Yin dan Yang di Ruang Tamu

Untuk ruang tamu, maka Anda bisa mendesainnya dengan mengusung sebuah konsep perpaduan Yin dan Yang. Pilihlah sebuah warna gelap seperti halnya hitam atau abu-abu untuk warna sofa dan juga furnitur meja. Sebagai sebuah penyeimbang, maka gunakan warna putih atau abu-abu sebagai warna cat untuk dinding.

Desain Interior Rumah Yin dan Yang di Ruang Keluarga

Elemen alam seperti halnya bebatuan yang ada di ruang keluarga bisa menunjukkan sebagai implementasi Yang. Konsep dari Yang di ruang keluarga akan terasa cukup hangat dengan batu alam, warna putih pada sofa dan juga pencahayaan di setiap sudut. Untuk warna dinding, maka gunakanlah warna gelap yang bisa dibuat senada dengan warna bebatuan.

Desain Interior Rumah Yin dan Yang di Kamar Tidur

Penerapan Yin Yang disini bisa dilihat dari penggunaan dari dominasi warna gelap bisa Anda pilih untuk kamar tidur Anda. Warna gelap bisa memberikan relaksasi yang nyaman bila telah dikombinasikan dengan warna putih. Terapkan juga warna putih tersebut pada Ceiling untuk bisa memberikan sentuhan cerah pada ruangan.

Desain Interior Rumah Yin dan Yang di Kamar Mandi

Untuk bisa menghadirkan tema Yin dan Yang di area kamar mandi, maka Anda bisa menonjolkannya dengan beberapa buah unsur. Seperti halnya unsur kayu pada plafon, sink, jendela dan juga pintu.  Bisa pula dikombinasikan dengan unsur Yang pada bathtub yang berwarna putih.

Setelah Anda menyimak sedikit penjelasan mengenai Yin Yang dalam desain interior rumah. Apakah Anda mulai tertarik mau menerapkan konsep filosofi klasik tionghoa tersebut di dalam rumah Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *